Waspada Bahaya Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Muncul Pada Malam Hari

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Gejala Kolesterol Tinggi (Detikhealth)
Gejala Kolesterol Tinggi (Detikhealth)

 

 

AYOINDONESIA.COM--Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai "pembunuh diam-diam" karena terus meningkatkan risiko penyakit jantung tanpa peringatan. Namun, gejala bisa muncul jika timbunan kolesterol menumpuk di arteri. Salah satu tanda dari proses ini dapat menyerang di malam hari.

Ketika penumpukan timbunan kolesterol menyempitkan arteri, hal itu dapat menyebabkan banyak gejala. Proses yang mengurangi aliran darah ke lengan atau kaki ini disebut penyakit arteri perifer (PAD).

Banyak orang dengan PAD memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Namun, Beacon Health System memperingatkan beberapa orang mungkin mengalami nyeri otot atau kram di kaki atau lengan.

Baca Juga: Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikenali dengan Cepat, Jangan Dibiarka


"Jika penyakit arteri perifer memburuk, rasa sakit dapat terjadi saat istirahat atau saat berbaring. Rasa sakit dapat mengganggu tidur," kata badan kesehatan itu, dilansir Express, melalui Republika, Kamis (11/8/2022).

Menggantungkan kaki di tepi tempat tidur atau berjalan dapat mengurangi rasa sakit untuk sementara. Tanda-tanda lainnya ialah:

- rasa dingin pada tungkai atau kaki bagian bawah, terutama jika dibandingkan dengan sisi lainnya

Baca Juga: 3 Cara Mudah Turunkan Asam Urat Tanpa Obat

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X