Beginilah Sebaiknya 4 Cara Dalam Memberikan Saran Agar Tidak Menyinggung Orang Lain

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:14 WIB
Beginilah Sebaiknya, 4 Cara dalam Memberikan Saran agar Tidak Menyinggung Orang Lain
Beginilah Sebaiknya, 4 Cara dalam Memberikan Saran agar Tidak Menyinggung Orang Lain

 

AYOINDONESIA.COM – Seringkali mungkin kamu merasa iba terhadap orang yang sedang tertimpa masalah, dan kemudian berusaha membantunya dengan memberikan saran kepadanya. Namun, alih-alih merasa tertolong dan berterima kasih, orang tersebut malah merasa tersinggung, dan tidak suka dengan pertolonganmu.


Ya, kejadian seperti ini mungkin saja pernah kamu alami di masa lalu. Jika demikian, bagaimana caranya agar niat baik kita dengan memberikan saran tersebut bisa diterima dengan baik oleh orang yang sedang tertimpa masalah? Coba simak uraiannya berikut ini.


Berbicara Empat Mata

BIasanya dalam suatu saran, akan terselip juga kritikan kepada yang diberikan saran. Tidak semua orang bisa dengan legawa menerima setiap kritikan. Apalagi jika kritikan tersebut diucapkan didepan orang banyak. Bisa jadi hal ini malah dianggap sebagai usaha untuk mempermalukannya.

Baca juga: Nonton dan Download Film Pengabdi Setan 2: Communion, Cek di Sini Bukan LK21, Bioskopkeren atau Rebahin


Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu hendak memberikan saran kepada orang lain, kamu bisa melakukannya secara empat mata saja. Sehingga jika ada kritikan, tidak akan membuatnya tersinggung atau malu.


Jangan Menjadi Ajang Pamer

Terkadang ketika memberikan saran, kamu juga menyelipkan contoh kasus yang pernah terjadi. Memang dalam memberikan contoh kasus yang paling mudah adalah memberikan contoh kasus yang merupakan pengalaman pribadi.


Namun, sebaiknya hal ini tidak perlu kamu lakukan. Sebab jika kamu memberikan contoh kasus berdasarkan pengalaman pribadi, maka biasanya baik disengaja maupun tidak, malah jadi ajang bagi kamu untuk memamerkan keberhasilan diri.


Jangan Pernah Memaksa

Saran sifatnya selalu sukarela. Artinya adalah bisa dijalankan atau ditolak oleh penerimanya. Jadi ketika kamu memberikan saran, sebaiknya janganlah memaksa untuk menjalankan saran tersebut. Sebab hal ini malah bisa menimbulkan perasaan ketersinggungan bagi penerima sarannya.


Berusahalah untuk Meningkatkan Moralnya

Niat baik kamu dalam memberikan saran, terkadang malah menjadi bumerang. Terkadang kamu malah mengecilkan usahanya dalam menyelesaikan masalah yang sedang menimpanya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Memilih Helper yang Tepat untuk Anak-Anak Anda

Selasa, 26 September 2023 | 08:03 WIB

Sejarah, Makna, Motif, hingga Tips Memilih Batik

Selasa, 29 Agustus 2023 | 10:52 WIB

KPR BRI Tawarkan Bunga Menarik, Mulai dari 4,46%

Jumat, 11 Agustus 2023 | 18:45 WIB

5 Meja Kerja Terbaik

Senin, 31 Juli 2023 | 08:59 WIB
X