Sttt, Ini Lho 6 Rahasia Marinasi Ayam Agar Empuk dan Meresep

- Jumat, 23 September 2022 | 15:10 WIB
Marinasi ayam dengan bumbu (Twitter Devina Hermawan)
Marinasi ayam dengan bumbu (Twitter Devina Hermawan)

 

AYOINDONESIAS.COM-- Daging ayam merupakan salah satu bahan olahan masakan yang paling banyak digunakan. Namun jika kamu tidak bisa memasaknya maka daging ayam terasa keras dan bumbu tidak menyerap. Tetapi tempat jual ayam yang bersih harus jadi perhatian anda ketika membeli daging ayam.

Salah satu cara mengolah daging ayam kita kenal dengan istilah marinasi. Bahkan hal ini terkait dengan pentingnya rempah-rempah yang menunjang dalam menyantap masakan. Dalam daging ayam khususnya, ada proses yang dikenal marinasi, yang melibatkan memasak dengan bumbu atau beberapa rempah-rempah.

Tidak hanya ayam, metode cair digunakan untuk berbagai makanan seperti tahu, tempe, sayuran, daging sapi, dan ikan. Jika Anda terbiasa dengan proses memasak dengan membiarkan bahannya meresap, maka proses marinasi memiliki prinsip yang sama dan tanpa perlu melalui proses memasak. Bumbunya dibuat sesaat sebelum dimasak.

Daging ayam memiliki keuntungan dalam proses marinasi karena struktur dagingnya yang berserat dan berair. Rahasia di balik kelezatan ayamnya adalah bumbu yang meresap ke dalamnya sehingga Anda bisa memakannya sampai ke tulangnya.

Baca Juga: Bagi yang Sedang Diet, Nih Resep dan Cara Mengolah Ayam dan Telur Tanpa Minyak

 

 Selain rasanya yang lebih enak, proses marinasi juga berpengaruh pada pengawetan daging jika tidak segera dimasak. Untuk membuat bumbu ayam yang enak, Anda bisa membuatnya dengan dua cara, basah dan kering.

Proses basah dilakukan dengan menempatkan ayam dalam wadah makanan basah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu marinasinya antara lain; Nanas, air jeruk nipis/lemon, cuka, susu dan banyak bahan lainnya dapat digunakan sebagai penyedap rasa. Untuk bumbu kering tentunya menggunakan bumbu kering, bumbu kering dan penyedap rasa lainnya.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X