Hati-hati, Ini 5 Penyebab Flek Hitam Pada Kulit dan Wajah

- Kamis, 24 November 2022 | 15:57 WIB

AYOINDONESIA.COM - Flek hitam merupakan salah satu masalah pada kulit yang ditandai oleh timbulnya bintik hitam (melanin) di wajah, bahu, lengan dan bagian tubuh lain. Masalah ini kerap disebabkan karena paparan langsung sinar matahari atau sinar UV.

Selain itu, efek samping obat dan kondisi kulit tertentu bisa memicu munculnya flek hitam. Flek hitam terjadi saat produksi melanosome pada melanin berlebihan sehingga pigmen kulit akan jadi lebih gelap.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Meski flek hitam bisa muncul di segala usia, masalah kulit ini lebih rentan untuk orang-orang paruh baya. Selain itu, flek hitam cenderung mudah terlihat pada pemilik kulit berwarna cerah. Meski tidak membahayakan, tapi flek hitam cukup sulit dihilangkan.

Tapi hal itu bisa diatasi dengan skincare untuk menghilangkan flek hitam. Apa saja penyebab flek hitam pada wajah? Simak ulasannya dibawah ini.

1.    Paparan Sinar UV

Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama timbulnya flek hitam. Efek paparan sinar UV (ultraviolet) akan lebih terasa pada orang-orang usia paruh baya. Munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam mudah terjadi jika kerap terpapar sinar matahari.

Risiko itu akan semakin meningkat jika seseorang tidak menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan ataupun pelindung sinar UV. Jadi, agar kulit terlindung dari sinar UV, jangan lupa gunakan sunblock (tabir surya) minimal SPF 30 saat di luar ruangan.

2.    Ada Masalah pada kulit

Tak hanya sinar matahari, sejumlah penyakit kulit juga bisa memicu munculnya flek hitam. Misalnya hiperpigmentasi yang terjadi pasca-inflamasi. Perubahan warna kulit ini terjadi setelah kulit mengalami ruam, goresan atau jerawat.

Selain itu, ada melasma atau chloasma yang membuat bercak-bercak cokelat muncul di kulit. Orang -orang dengan kondisi medis tertentu juga lebih rentan dengan flek hitam.

Seperti pada pengidap tumor hipofisis, ibu hamil, pengidap hemokromatosis, pengidap penyakit hati dan pengidap penyakit Addison.

Melanosis Riehl juga membuat dermatitis kontak karena paparan sinar matahari, Poikiloderma of Civatte bisa mengubah kulit leher berwarna coklat dan erythromelanosis follicularis juga bisa membuat wajah dan leher timbul bercak coklat kemerahan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Terkini

X