Ternyata Ini Makna Warna Merah dan Hijau Saat Natal, Sudah Tahu?

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:55 WIB
Kalian tahu nggak sih apa makna dari warna merah dan hijau khas Natal ini?
Kalian tahu nggak sih apa makna dari warna merah dan hijau khas Natal ini?

AYOINDONESIA.COM - Desember telah tiba, pada bukan ini Umat Kristiani merayakan Hari Raya Natal pada tanggal 25 Desember.

Nah, menjelang Hari Raya Natal banyak sekali pernak-pernik dekorasi yang identik dengan warna merah dan hijau.

Kalian tahu nggak sih apa makna dari warna merah dan hijau khas Natal ini?

Dalam agama Kristen, warna merah melambangkan darah Yesus ketika disalib dan warna hijau melambangkan kehidupan kekal Yesus seperti pohon yang selalu hijau

Namun, ada kisah dari orang Celtic kuno di mana mereka memuja tamanan holly berwarna merah dan hijau. Berdasarkan itulah mereka percaya bahwa tanaman holly menjaga bumi tetap indah selama musim dingin.

Maka dari itu orang Celtic kuno menghias rumah mereka dengan holly untuk memberi perlindungan dan keberuntungan bagi keluarga di tahun yang akan datang

Memasang dekorasi merah dan hijau menjadi tradisi dan berlangsung hingga abad ke-14 ketika warna digunakan untuk mengecat layar rood abad pertengahan. Layar rood merupakan salah satu partisi yang dipakai gereja untuk menyekat jemaat dari pendeta dan latar.

Seorang ilmuwan peneliti dari Universitas Cambridge, Dr. Spike Bucklow, menyatakan bahwa kebiasaan itu mempengaruhi orang Victoria dalam mengasosiasikan warna batas yang berbeda, sekaligus untuk menandai akhir tahun dan awal yang baru pada hari Natal yang akan segera tiba.

Selain kepercayaan dan mitos dari masyarakat setempat, ternyata orang yang menetapkan warna dan hijau sebagai warna khas natal pertama kali adalah Haddon Sundblom.

Halaman:

Editor: Aulli R Atmam

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X