Pendaftaran Taruna Baru Satuan Pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dibuka Mulai 1 April

- Jumat, 31 Maret 2023 | 15:49 WIB
Pendaftaran Taruna Baru Satuan Pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dibuka Mulai 1 April. (Instagram @kkpgoid)
Pendaftaran Taruna Baru Satuan Pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dibuka Mulai 1 April. (Instagram @kkpgoid)

AYOINDONESIA.COM -- Pendaftaran taruna baru Satuan Pendidikan Tinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2023 segera dibuka.

Kali ini PK-BLU (Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum) menerima jalur khusus untuk Anak Pelaku Utama (APU)/Pelaku Utama KP (Kelautan dan Perikanan) dan jalur umum.

Sedangkan program Non PK-BLU diperuntukan bagi Anak Pelaku Utama atau Pelaku Utama.

Pelaku Utama sektor kelautan dan perikanan yang dimaksud, yaitu nelayan, pembudi daya ikan, pengolah ikan, petambak garam, pemasar perikanan

PK-BLU

Program PK-BLU dibuka dengan kuota 20 persen APU dan 80 persen masyarakat umum. Taruna nantinya bakal mendapat beberapa keuntungan.

Peserta umum mendapat keuntungan berupa pendidikan vokasi, bebas uang gedung dan biaya praktikum, serta peluang kerja dan berwirausaha di sektor kelautan dan perikanan.

Selanjutnya, anak pelaku utama mendapatkan keuntungan pendidikan vokasi, beasiswa penuh selama pendidikan (dengan syarat) dan peluang kerja dan berwirausaha di sektor kelautan dan perikanan.

Program PK-BLU ini tersedia untuk jenjang Diploma III di Politeknik Kelauatan dan Perikanan (KP).

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Kerugian Negara Lebih dari Rp 3,7 Triliun Karena Gagal Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

PK-BLU

Selanjutnya, untuk program Non PK-BLU diperuntukan bagi 100 persen anak pelaku utama atau pelaku utama. Keuntungan yang bakal didapatkan berupa pendidikan vokasi, beasiswa penuh selama pendidikan (dengan syarat), dan peluang berwirausaha di sektor kelautan dan perikanan.

Program Non PK-BLU tersedia untuk jenjang Diploma I sampai Diploma IV di satuan pendidikan Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP), Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP), dan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP).

Pendaftaran Taruan Baru Satuan Pendidikan Tinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan dilakukan melalui laman resmi www.pentaru.kkp.go.id dengan jadwal pendaftaran mulai dari 1 April - 30 Mei 2023.

Halaman:

Editor: Galuh Widoera Prakasa

Sumber: Instagram @kkpgoid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X