Kebakaran Lapas Tangerang, Komisi III DPR Segera Panggil Menkumham

- Rabu, 15 September 2021 | 11:44 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 14 September 2021.  (Republika/Nawir Arsyad Akbar)
Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 14 September 2021. (Republika/Nawir Arsyad Akbar)

AYOINDONESIA.COM – Buntut dari kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Komisi III DPR akan mendengarkan penjelasan langsung dari Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna H Laoly. Rencananya, rapat akan digelar pada 27 September mendatang. Selain Menkumham, Dirjen PAS juga diundang.

"Ada agenda dengan Kumham tanggal 27 (September). Ya kita undang semua (termasuk Dirjen PAS), kan dalam rangka pengawasan," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir di Gedung Nusantara III Selasa 14 September 2021.

Berita yang dikutip dari republika.co.id, saat ini, Komisi III mendorong kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Termasuk kelalaian dari petugas lapas yang membiarkan telepon genggam masuk ke dalam sel dan menyebabkan terjadinya korsleting listrik jika ada. Hingga Selasa 14 September 2021, kebakaran tersebut menyebabkan 48 warga binaan meninggal dunia.

"Memang aturannya tidak boleh yang namanya alat komunikasi itu masuk ke dalam bilik warga binaan. Jadi kalau benar ada ditenggarai ada hal itu, monggo saja Komnas HAM, kepolisian masuk untuk memeriksa," ujar Adies.

Pihak kepolisian pun tak boleh hanya memeriksa para warga binaan terkait insiden kebakaran tersebut. Penjelasan dari para petugas dan sipir lapas juga perlu didalami oleh kepolisian.

 "Jadi ASN-ASN yang ada di sana, sipir-sipir yang ada di sana, kalapas yang ada di sana harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut," ujar Adies.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga diminta berkoordinasi dengan kepolisian jika menemukan fakta terbaru terkait insiden tersebut.

"Kalau ada hal-hal lain, kita tunggu hasil penyelidikan dan penyidikan pihak kepolisian," ujar Adies.

 

Editor: Iswara Bagus

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

KPK akan Pelajari Masukan dan Aspirasi dari Mahasiswa

Selasa, 28 September 2021 | 15:33 WIB

Jokowi Diminta Bersikap Terhadap Pemecatan 57 Anggota KPK

Selasa, 28 September 2021 | 15:12 WIB
X