Bukan ASN Polri, Mantan Pegawai KPK Ingin Buat Parpol Anti Korupsi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:59 WIB
Kantor pusat KPK. (Flickr)
Kantor pusat KPK. (Flickr)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Para mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memutuskan tawaran menjadi ASN di Polri. Kendati begitu, salah satu mantan pegawai lembaga antirasuah itu punya keinginan membuat partai politik (parpol).

Hal ini diungkapkan mantan kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum KPK Rasamala Aritonang. Menurutnya parpol tersebut bisa jadi wadah memberantas korupsi di negeri ini.

Dia memandang, pembentukan partai politik untuk memberantas korupsi diharapkan bisa menghapus sikap korup yang sering dilakukan oleh para elit partai.

Baca Juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Azis Syamsuddin 40 Hari

"Kalau bisa bikin partai nanti saya namakan partai serikat pembebasan. Partai politik bisa jadi jalan untuk kendaraan perubahan, tentu dengan prinsip utama integritas," kata dia, Rabu, 13 Oktober 2021, melansir Republika (jaringan Ayoindonesia.com).

Dia melihat peluang membangun parpol yang bersih, berintegritas, dan akuntabel, karena melihat para parpol yang ada selama ini tidak jauh dari kritikan masyarakat.

Dia mengklaim, para mantan pegawai KPK yang lainnya pun memikirkan rencana ini. Namun, dalam pembentukan partai, pihaknya juga perlu meminta sara dari para politisi senior.

Baca Juga: Viral Mantan Pegawai KPK Jadi Petani dan Penjual Nasgor, Dulunya Kabag

"Kita lihat dulu ya, termasuk kemungkinan untuk minta masukan dan pandangan dari tokoh-tokoh bangsa," sambung Rasamala.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Hasil SKD CPNS 2021, Buka sscasn.bkn.go.id

Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:53 WIB
X