Mahasiswa Dibanting Polisi ? Tukang Demo atau Unjuk Rasa Pastikan Tahu Hal Ini

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:27 WIB
Viral video polisi banting mahasiswa saat demo di Kantor Bupati Tangerang. (Instagram @seputartangsel)
Viral video polisi banting mahasiswa saat demo di Kantor Bupati Tangerang. (Instagram @seputartangsel)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Jagat media sosial khususnya Twitter, ramai memperbincangkan "aksi" mahasiswa dibanting polisi. Peristiwa itu terjadi saat sejumlah mahasiswa menggelar demo atau unjuk rasa di depan kantor Bupati Tangerang, Banten.

Sang oknum, Brigadir NP sudah meminta maaf dan siap bertanggungjawab terhadap korbannya. Namun publik masih menyesali perbuatan yang mencoreng instansi Polri tersebut sampai banyak tagar membahas hal ini di Twitter.

Padahal beberapa hari sebelumnya, instansti Polri juga digaduhkan dengan tagar percuma lapor polisi. Tagar itu menyertai dugaan kasus "tiga anak saya diperkosa" di Luwu Timur, Sulsel, yang diduga dilakukan oleh ayah korban sekaligus ASN di daerah tersebut.

Baca Juga: Bawa Kasus Mahasiswa Dibanting Polisi ke Pengadilan ! Hidayat Nur Wahid : Indonesia Negara Hukum

Tagar-tagar menyoal instansi Polri tersebut disertai juga sejumlah tagar dengan nada membela Korps Bhayangkara tersebut. Misalnya tagar Polri Tegas Humanis dan tagar Polri Sesuai Prosedur. Ini yang kemudian disoal setelah kejadian "mahasiswa dibanting polisi".

"Kalau #PolriTegasHumanis dan #PolriSesuaiProsedur, harusnya di tiap kasus kekerasan polisi yang menyebabkan cedera atau kematian, penyelidikan yang cepat, menyeluruh, dan tidak memihak dilakukan. Pelakunya diadili di pengadilan dengan peradilan yang adil," ujar Amnesty Indonesia, dikutip Ayoindonesia.com dari Twitternya, Kamis, 14 Oktobe 2021.

Amnesty Indonesia pun menjelaskan sikap para anggota Polri saat mengamankan jalannya demo atau aksi unjuk rasa. Mereka menjelaskan soal penggunaan kekuatan berlebihan oleh aparat, isu HAM berkenaan itu, dan sejumlah masalah lainnya soal kekerasan polisi.

Disadur dari situs resmi Amnesty Indonesia, berikut uraiannya.

Kekerasan polisi

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: Amnesty Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Hasil SKD CPNS 2021, Buka sscasn.bkn.go.id

Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:53 WIB
X