Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Lewat HP, Download Aplikasi SIGNAL dari Samsat

- Kamis, 25 November 2021 | 16:27 WIB
Sebagian halaman muka aplikasi SIGNAL (sumber: Google Play)
Sebagian halaman muka aplikasi SIGNAL (sumber: Google Play)
 
JAKARTA, AYOINDONESIA - Bayar pajak kendaraan lewat HP bukan lagi impian. Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) sudah meluncurkan aplikasi SIGNAL yang bisa diunduh di Google Play dan App Store.
 
SIGNAL adalah singkatan dari Samsat Digital Nasional. Aplikasi bayar pajak kendaraan lewat HP ini merupakan satu-satunya aplikasi pembayaran pajak kendaraan yang bisa melakukan E-Pengesahan.
 
Jadi, meskipun bayar pajak kendaraan lewat HP, setelah pembayaran dilakukan dan mendapat barcode maka dokumen tersebut sudah sah menurut Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Kep/1220/VII/202.
 
 
Hingga bulan November 2021, aplikasi SIGNAL baru berlaku untuk 15 wilayah di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara.
 
Untuk bisa membayar melalui aplikasi, pastikan data kendaraan yang akan dibayar pajaknya sudah didaftarkan di aplikasi.
 
Berikut langkah-langkahnya:
 
1. Pilih menu "Tambah Data Kendaraan Bermotor"
 
2. Klik tombol "Tambah Data Kendaraan Bermotor"
 
3. Masukkan "NIK & Unggah Foto KTP Pemilik Kendaraan
 
4. Tentukan pilihan pada opsi "Pemilik Kendaraan"
 
5. Masukkan nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB), klik lanjut
 
6. Jika berhasil maka akan ada notifikasi berbunyi "Kendaraan Bermotor Berhasil Ditambahkan"
 
 
Tidak hanya kendaraan milik sendiri, aplikasi SIGNAL juga bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan atas nama keluarga.
 
Syaratnya adalah NIK anggota keluarga tersebut masih tercatat dalam kartu keluarga (KK) yang sama dengan pemilik akun SIGNAL.
 
Cara mendaftarkan kendaraannya sama dengan langkah-langkah di atas, hanya pada poin keempat, dipilih "Milik Keluarga Satu KK".
 
Dengan demikian, para orang tua yang masih gaptek bisa juga menikmati kemudahan bayar pajak kendaraan lewat HP, dengan meminta tolong pada anak-anaknya.
 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KJMU Tahap 2 Cair, Cek ATM Bank DKI Deh

Senin, 29 November 2021 | 06:11 WIB
X