PPKM Level 3 Saat Nataru, Mobilitas Warga Diperketat

- Kamis, 25 November 2021 | 21:55 WIB
ilustrasi  penerapan PPKM. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
ilustrasi penerapan PPKM. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

AYOINDONESIA.COM -- Sebagai salah satu langkah mencegah penyebaran COVID-19, pemerintah pusat maupun daerah akan serentak menerapkan PPKM Level 3 di seluruh daerah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi pergerakan warga saat momen Natal dan Tahun Baru Nataru).

Pasalnya, berkaca dari tahun sebelumnya, mobilitas warga yang melonjak saat libur panjang menjadi awal melonjaknya kasus COVID-19. Adapun penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia akan berlangsung pada 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022. Pemerintah menekankan, masyarakat tetap dapat merayakan Nataru namun dengan menaati aturan-aturan yang berlaku.

Baca Juga: Mau Mudik saat PPKM Level 3 Natal dan Tahun Baru 2021? Penuhi Syarat Ini

Terkait penerapan PPKM Level 3 tersebut, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, bahwa aturan tersebut diberlakukan bukan karena situasi COVID-19 di Indonesia yang mewajibkannya.

Kebijakan tersebut ditetapkan dengan tujuan mengatur mobilitas masyarakat pada Nataru agar gelombang ketiga tidak terjadi.

“Secara umum, kondisi penanganan COVID-19 kita sangat baik, bahkan apresiasi luar negeri sangat bagus terhadap Indonesia, dan kondisi ini harus kita pertahankan,” ujar Muhadjir belum mana ini.

Kendati demikian, dikatakannya, berdasarkan pengalaman, pergerakan manusia dalam libur panjang berpotensi menimbulkan lonjakan kasus. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah perlu menetapkan kebijakan lebih ketat dan aturan-aturan baru. Guna mempermudah pelaksanaan serta sosialisasi kepada masyarakat, pemerintah akan menerapkan regulasi yang sudah dikenal, yakni PPKM Level 3 untuk seluruh Indonesia.

Muhadjir menjelaskan bahwa khusus untuk PPKM Level 3 Nataru ini, penerapannya akan diseragamkan untuk seluruh Indonesia dengan ketentuan yang sudah berlaku pada PPKM Level 3, serta ditambah aturan terhadap kegiatan berskala besar.

“Kegiatan yang melibatkan kerumunan besar akan diatur mulai dari dilarang sampai diperkecil peluangnya,” tegas Menko PMK.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KJMU Tahap 2 Cair, Cek ATM Bank DKI Deh

Senin, 29 November 2021 | 06:11 WIB

Hukuman ASN Melanggar Larangan Cuti Desember 2021, Awas!

Minggu, 28 November 2021 | 17:59 WIB
X