Vaksin Booster Gratis Mulai Berlaku Hari Ini, Rabu 12 Januari 2022

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:27 WIB
Presiden Jokowi. (Youtube)
Presiden Jokowi. (Youtube)

AYOINDONESIA.COM - Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa vaksin booster dapat diakses secara gratis untuk masyarakat umum. Vaksinasi booster dimulai pada hari ini, Rabu 12 Januari 2022.

Sebelumnya, pemerintah sempat menyiapkan tiga opsi dalam program vaksinasi ini booster. Yakni program pemerintah, penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ungkap Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Rabu 12 Januari 2022. 

Jokowi mengatakan, vaksinasi dosis ketiga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat virus corona terus bermutasi. Kendati sudah divaksin, presiden mewanti-wanti seluruh pihak tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster Gratis, Bisa Dicek Lewat Hp!

“Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” jelas Kepala Negara.

Syarat Penerima Vaksin Booster

Menurut Jokowi, syarat penerima vaksin vaksinasi booster akan diprioritaskan untuk usia 60 tahun ke atas dan kelompok rentan. Syarat penerima vaksin dosis ketiga yaitu telah menerima suntikan dosis kedua paling tidak enam bulan sebelumnya.

“Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya,” ujar Jokowi.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X