Insiden Penganiayaan Lingkaran Setan SMAN 1 Ciamis, Disebut Bukan Kegiatan Resmi Pramuka

- Kamis, 13 Januari 2022 | 08:20 WIB
Atalia Praratya Kamil Memberikan Apresiasi  Terhadap Tuntutan Jaksa yang Menuntut Hukuman Mati kepada Herry Wirawan (Pikiran Rakyat)
Atalia Praratya Kamil Memberikan Apresiasi Terhadap Tuntutan Jaksa yang Menuntut Hukuman Mati kepada Herry Wirawan (Pikiran Rakyat)



AYOINDONESIA.COM - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya, mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden penganiayaan terhadap anggota pramuka SMA Negeri 1 Ciamis dalam kegiatan "Lingkaran Setan".

Melalui akun Instagram pribadinya, Atalia Praratya mengatakan bahwa  "Lingkaran Setan" bukanlah kegiatan resmi pramuka.

Menurut Atalia, kegiatan tersebut murni diinisiasi oleh senior atau alumni yang dilakukan tanpa izin pihak SMAN 1 Ciamis, Jawa Barat.

Selain itu kegiatan tersebut juga tidak dihadiri oleh pembina dan pelatih pramuka dari sekolah yang bersangkutan.

Atalia Praratya yang juga istri Gubernur Jawa Barat ini meminta maaf kepada semua pihak terkait insiden tersebut .

Baca Juga: Tewaskan 11 Siswa, Kegiatan Pramuka MTS Harapan Baru Tidak Berizin

Baca Juga: IKWI Jabar Beraudiensi Secara Virtual dengan Atalia Praratya


"Atas nama pimpinan Kwarda Pramuka Jabar, kami memohon maaf kepada semua pihak atas kejadian tersebut dan bersama-sama akan memastikan kejadian seperti itu tidak terulang kembali," kata Atalia, dikutip dari Instagram @ataliapr, pada Kamis, 13 Januari 2022.

Lebih lanjut Atalia memerintahkan untuk menghentikan sementara kegiatan pramuka yang ada di Gugus Depan (Gudep) SMAN 1 Ciamis. Ia juga meminta agar kasus tersebut diusut tuntas.

Atalia menginstruksikan agar dilakukan pembenahan dan perbaikan struktur serta pola pembinaan diseluruh jenjang organisasi pramuka di Jawa Barat.

Menurutnya semua kegiatan pramuka harus selalu dibimbing oleh pembina atau pembantu pembina bukan dipercayakan kepada senior atau alumni.

"Mendorong komitmen bersama seluruh stakeholder (termasuk kegiatan kesiswaan lain) untuk sekolah ramah anak," ujarnya.

Kronologi Kegiatan "Lingkaran Setan"

Insiden penganiayaan diduga dilakukan oleh senior pada kegiatan pramuka SMAN 1 Ciamis terjadi pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Menurut informasi dari berbagai sumber kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menjelang kegiatan Ciradika yang rutin dilakukan.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka itu dilakukan di rumah salah satu alumni di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis tanpa sepengetahuan pihak sekolah.

Sedikitnya 70 siswa kelas 10 SMAN 1 Ciamis ikut dalam kegiatan tersebut.

Saat kegiatan berlangsung para siswa disuruh membuat lingkaran oleh para seniornya yang disebut dengan "Lingkaran Setan".

Kemudian mereka disuruh untuk saling pukul atau gampar antara sesama temannya. Bagi yang masih kuat maka seniornya menambah pukulan terhadap siswa tersebut.

Dalam insiden ini sejumlah siswa yang menjadi korban dilarikan ke rumah sakit.

Atas insiden ini sejumlah orang tua siswa yang menjadi korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Ciamis, Jawa Barat.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Materi SBMPTN 2022 Lengkap TKA hingga Bahasa Inggris

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:06 WIB
X