Tak Semua Orang Boleh Lepas Masker, Ini Aturan Lengkapnya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:27 WIB
Presiden Jokowi memperbolehkan masyarakat Indonesia tidak memakai masker di ruang publik, namun dengan syarat. (YouTube)
Presiden Jokowi memperbolehkan masyarakat Indonesia tidak memakai masker di ruang publik, namun dengan syarat. (YouTube)

AYOINDONESIA - Kabar baik diberikan oleh Presiden Jokowi yang menyatakan sudah boleh lepas masker. Akan tetapi, meskipun sudah boleh lepas masker, warga dihimbau untuk mengikuti aturan lepas masker terbaru.

Pelonggaran protokol kesehatan untuk memerangi covid-19 ini tentu saja disambut gembira oleh warga. Lantas seperti apa aturan lepas masker terbaru? simak penjelasannya di bawah ini.

Dilansir dari suara.com-jejaring ayoindoneisia, Selain diperbolehkan lepas masker, tidak ada lagi kewajiban tes antigen atau PCR pada warga yang sudah divaksin secara lengkap. Menteri Kesehatan menjelaskan keputusan ini disampaikan setelah meninjau kondisi covid-19 yang sudah terkendali.

Baca juga: KJP Plus Mei Tahap 1 Tahun 2022 Cair, Cek Daftar Nama Penerima di Sini

Keputusan penting ini merupakan langkah awal agar masa transisi dari pandemi menjadi endemi berjalan lancar. Meskipun demikian, aturan lepas masker terbaru menyebutkan bahwa orang-orang yang tergolong rentan di bawah ini masih harus mengikuti protokol kesehatan dan menggunakan masker saat bepergian.

Lansia
Ibu hamil
Anak yang belum divaksin
Penyanding komorbid

Keempat golongan tersebut di atas tetap harus memakai masker di luar ruangan. Selain itu, orang-orang yang mengalami sakit berikut ini juga harus menggunakan masker saat keluar ruangan atau ketika berada di tempat umum.

Orang yang mengalami gejala demam
Orang yang sedang batuk
Orang yangs edang pilek

Kelompok orang-orang tersebut, kata Menteri Kesehatan wajib memakai masker untuk melindungi diri dari penularan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Motif Penembakan Brigadir J, Ini Kata Mahfud MD

Rabu, 10 Agustus 2022 | 05:13 WIB

Chord dan Lirik Sholawat Badar By Hadad Alwi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:04 WIB
X