Ini Arti Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:35 WIB
Arti Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022
Arti Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022





AYOINDONESIA.COM -- Setiap 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal juga dengan Harkitnas, tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo (Budi Utomo), yakni 20 Mei 1908.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dimulai sejak 1959, hal ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Latar belakang Hari Kebangkitan Nasional adalah berkaitan dengan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran nasional sebagai "orang Indonesia", serta untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia.

Bangkitnya kesadaran akan nasionalisme ditandai dengan berdirinya perkumpulan atau organisasi Boedi Oetomo, yang didirikan oleh dr. Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

Baca juga: Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022 Lengkap dengan Sejarahnya

Salah satu tujuan lahirnya Boedi Oetomo adalah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia serta mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain.

Boedi Oetomo juga menjadi pelopor lahirnya organisasi-organisasi pergerakan pada masa berikutnya, seperti Sarekat Dagang Islam (SDI), Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022

Setiap tahun tema yang diusung pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional selalu berbeda. Pada 2022 ini, Harkitnas mengambil tema "Ayo Bangkit Bersama".

Tema tersebut dipilih agar Harkitnas ini menjadi momentum bangsa Indonesia untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19, setelah dua tahun lebih menyerang dan berdampak pada sendi-sendi kehidupan.

Arti Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114


Pada 2022, merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun. Logo yang digunakan didominasi warna biru tua dengan gambar siluet gunungan merah putih di bagian tengahnya.

Di dalam siluet merah putih terdapat tulisan "114th", di bawah angka tertulis tagline "Indonesia Bangkit" dengan huruf kapital.

Pada bagian bawah terdapat gambar sejumlah orang dengan membawa bendera merah putih dengan latar gambar berbentuk seperti awan berwarna biru.

Adapun arti lengkap dari logo Hari Kebangkitan Nasional ke-144 adalah sebagai berikut.

1. Siluet Gunungan Merah Putih

Siluet Gunungan Merah Putih seperti roket, melambangkan awal dari semangat kebangkitan Indonesia seperti roket yang menjulang tinggi.

2. Angka 114

Angka 114 di dalam gunungan merah putih melambangkan sejak 114 tahun yang lalu Indonesia melindungi atau mengayomi rakyatnya dengan kedamaian.

3. Tagline "Indonesia Bangkit"

Tagline "Indonesia Bangkit" dengan font style "Bold", melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk bangkit.

4. Arti Warna

- Merah: Kuat, Berani dan Semangat yang berkobar.

- Putih: Kedamaian dan awal yang baru.

- Biru: Perlindungan dan kenyamanan.

Secara garis besar arti dari logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian serta awal yang baru.

Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tersebut dapat diunduh pada link berikut: https://komin.fo/logoharkitnas114.

Demikian arti logo Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, yang memiliki makna mendalam bagi kebangkitan bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Ganja Medis Untuk Kesehatan

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:47 WIB

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:10 WIB
X