Contoh Naskah Pidato atau Sambutan Hari Kebangkitan Nasional dengan Tema Ayo Bangkit Bersama

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:40 WIB
Contoh Naskah Pidato atau Sambutan Hari Kebangkitan Nasional dengan Tema Ayo Bangkit Bersama/Kominfo
Contoh Naskah Pidato atau Sambutan Hari Kebangkitan Nasional dengan Tema Ayo Bangkit Bersama/Kominfo

AYOINDONESIA.COM - Naskah pidato atau sambutan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ini bisa menjadi referensi untuk disampaikan saat upacara maupun kegiatan lainnya.

Naskah pidato Hari Kebangkitan Nasional tersebut bisa diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun tema peringatan Harkitnas 2022 yaitu "Ayo Bangkit Bersama."

Sebagai informasi, pada 2022 merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun. 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional berdasarkan Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Biasanya Hari Kebangkitan Nasional diperingati dengan menggelar upacara bendera, terutama oleh instansi pemerintah maupun sekolah.

Bagi anda yang dipercaya menjadi pembina upacara, naskah pidato Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi referensi sebagai kata sambutan saat upacara bendera.

Berikut naskah pidato atau sambutan Hari Kebangkitan Nasional 2022 dengan tema "Ayo Bangkit Bersama."

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera dan salam sehat bagi kita sekalian.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air.

Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah Air.

Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.


Untuk naskah pidato atau sambutan Hari Kebangkitan Nasional secara lengkap dapat didownload pada link berikut: https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/KOMINFO%20PEDOMAN%20HARKITNAS%202022%20.pdf.

Demikian contoh naskah pidato atau sambutan Hari Kebangkitan Nasional 2022 dengan tema "Ayo Bangkit Bersama". Semoga bermanfaat.

Editor: Firda Puri

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Terkini

5 Manfaat Ganja Medis Untuk Kesehatan

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:47 WIB
X