Kode BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan dari Kemnaker Masuki Tahap Siap, Cek Status Penerima Via Link Ini

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:42 WIB
Kode BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan dari Kemnaker Masuki Tahap Siap, Cek Status Penerima Via Link Ini (Freepik)
Kode BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan dari Kemnaker Masuki Tahap Siap, Cek Status Penerima Via Link Ini (Freepik)

AYOINDONESIA.COM -- Tagar #BSUMasukiTahapSiap digaungkan di Twitter pada Kamis, 20 Mei 2022. Akankah BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan segera cair?

Jika benar tagar #BSUMasukiTahapSiap merupakan kode BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan akan segera cair. Maka, perlu disimak cara cek status penerima dana bantuan dalam ulasan artikel ini. 

Bantuan subsidi upah atau BSU merupakan bantuan langsung tunai atau BLT subsidi gaji 2022 ini tak ada sistem pendaftaran, semua sistem dilakukan terpusat melalui data pekerja yang ada di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan.

Merujuk aturan tersebut, para pekerja dapat melakukan pengecekan status penerima BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui 3 link dibawah ini.

Cara cek Status Penerima BSU BLT BPJS  Ketenagakerjaan

1. http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
2. http://bsu.kemnaker.go.id
3. http://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Pekerja yang dapat menerima BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp1 juta adalah yang telah memenuhi kriteria dan syarat penerima dana.

Syarat utama BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan menyasar pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta. Syarat lainnya, pekerja yang dimaksud merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
 
Baca Juga: 'Dynamite' BTS Jadi Lagu K-Pop Pertama yang Diputar di Luar Angkasa

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang menggandeng BPJS Ketenagakerjaan sebagai mitra penyedia tenag kerja juga mengeluarkan syarat penerima BSU, yakni peserta aktik Jamsostek.

Selain itu, pekerja yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerinta selama pandemi, tak bisa mendapatkan lagi dana BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Ada pula persyaratan lain yang harus dipenuhi, yakni pekerja di sektor transportasi, industri barang konsumsi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan menjadi prioritas sasaran penyaluran BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah melalui Kemnaker menggelontorkan Rp8,8 triliun dana BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 untuk 8,8 juta pekerja yang memenuhi syarat.

Mekanisme pencairannya dilakukan dalam dua tahap. Artinya, penerima BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 akan menerima masing-masing Rp500 ribu.

Pemerintah menjanjikan pencairan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 pada April 2022. Namun, hingga minggu ketiga Mei, dana yang dimaksud belum juga cair.
 
Baca Juga: Jadwal Terbaru BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan dari Kemnaker, Ada Jawaban Soal Kapan Cair

Kemnaker mengaku tengah mempersiapkan pencairan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan ini melalui tahapan-tahapan yang diperlukan agar penyaluran dapat berlangsung secara cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Simak informasi dari Kemnaker yang dikutip AyoIndonesia dari highlight Instastory Instagram resmi Kemnaker berikut ini.

Saat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyiapkan antara lain merampungkan regulasi teknis pelaksanaan BSU 2022, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kementerian Keuangan.

Tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku bank penyalur.

Kami terus memastikan, BSU 2022 dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel, serta dengan tata kelola yang baik. Jika seluruh tahapan tadi sudah siap, segera kami salurkan ya Rekananker.

Sejalan dengan informasi tersebut, tagar #BSUMasukiTahapSiap digaungkan di Twitter pada Kamis, 20 Mei 2022, nampaknya pihak Kemnaker telah bersiap menyalurkan dana BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 tak lama lagi.
 
Baca Juga: Video Viral TikTok Tagihan Iuran BPJS Kesehatan Capai Rp7 Juta, Gimana Lunasinya?

Salah satu akun bernama @shae_ll menyematkan tagar #BSUMasukiTahapSiap mengunggah poster yang kalimat akhirnya memberikan informasi seolah-olah BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 segera cair.

"Selamat bagi Anda yang sudah memenuhi kriterian tersebut di atas. BSU Sudah Siap CAIR!".

Kendati sepertinya tak main-main, menghindari ketidakpastian, ada baiknya segera cek status penerima BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 melalui 3 link yang tertulis di atas.

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Ganja Medis Untuk Kesehatan

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:47 WIB

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:10 WIB
X