MLFF Bakal Gantikan E-Toll, Teknologi Nir Sentuh Tanpa Ribet Berhenti Bayar Tol

- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:33 WIB
MLFF akan gantikan kartu e-toll, pembayaran tol bisa dilakukan tanpa berhenti. (Instagram @pupr_bpjt)
MLFF akan gantikan kartu e-toll, pembayaran tol bisa dilakukan tanpa berhenti. (Instagram @pupr_bpjt)

AYOINDONESIA.COM -- Media sosial tengah menyoroti Multi Lane Free Flow atau MLFF yang kabarnya bakal gantikan kartu e-toll.

MLFF merupakan teknologi nir sentuh agar pengguna jalan tol tak perlu berhenti saat membayar di gardu tol, masih dengan sistem e-toll.

Pembayaran non tunai nir sentuh MLFF ini disebut-sebut memiliki segudang keuntungan untuk manajemen lalu lintas terutama di jalan tol. Terlebih, pengguna yang kini menggunakan kartu e-toll tak perlu ribet untuk berhenti bayar tol.

Mengutip Indonesia Baik, mari kita kenalan dengan e-toll nir sentuh atau MLFF. Inovasi baru ini merupakan bentuk dukungan terhadap Toll Roads Technology 4.0, yang ditargetkan beroperasi pada 2023.

Teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) pada MLFF, memungkinkan transaksi melalui aplikasi smartphone dan dibaca melalui satelit.

Dengan kata lain, setiap kendaraan yang melewati gerbang tol akan terdeteksi alat tersebut, dan uang elektronik akan berkurang secara otomatis.
 
Baca Juga: GRATIS Streaming KKN di Desa Penari Sub Indo Full Episode site Google Drive 720p Asli

Sehingga, dengan teknologi ini, pengendara tak perlu berhenti di gerbang tol untuk membayar tol. Manfaatnya dapat menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik. 

Tahap pertama teknologi MLFF di terapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, dan Bali pada tahun ini (2022).

Adapun proses atau tahapan yang musti dilalui untuk penerapan e-toll atau non tunai nir sentuh MLFF ini ini melibatkan berbagai pihak.

Seperti, BPJT, Bank Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Republik Indonesia, Lembaga Pengadilan, dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Pengguna MLFF diwajibkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti identitas diri dan data kendaraan, termasuk juga e-wallet yang digunakan.

Proses transaksi dilakukan secara otomatis dari e-wallet saat melewati gerbang tol. pembayaran dikirimkan ke yang tersimpan adalah data settlement dan dikirimkan ke  Gerbang Pembayan Nasional (GPN) untuk kemudian mendistribusikannya ke badan usaha jalan tol (BUJT).

GPN merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran transaksi elektronik non-tunai seperti e-wallet.

Pembayaran yang tidak dilakukan, tentu akan ditindak oleh pihak kepolisian sesuai pelanggarannya. Artinya, semua sistem akan terintegrasi.

Teknologi canggih bernama MLFF atau non tunai nir sentuh ini pun memiliki sejumlah keuntungan. Seperti, dikutip AyoIndonesia dari berbagai sumber, simak ulasannya di bawah ini.
 
Baca Juga: Cara Gratis Download Jujutsu Kaisen 0 Movie HD Sub Indo Bukan Telegram Full 105 Menit

Keuntungan E-Toll Nir Sentuh

1. Tak Perlu Berhenti Membayar Tol

Pengendara tetap bisa gas terus tanpa berhenti dan bebas ribet saat melewati gerbang tol untuk berhenti, membuka kaca mobil, lalu bayar tol pakai kartu e-toll.

2. Meminimalisir Antrean di Gerbang Tol

Antrean panjang kendaraan di gerbang tol dapat diminimalisir dengan teknologi e-toll nir sentuh atau MLFF.

3. Hemat Bahan Bakar

Pengendara tak perlu lagi injak rem dan gas untuk melanjutkan perjalanan usai bayar tol. Ini berpengaruh juga pada efisiensi bahan bakar kendaraan

4. Menghemat Waktu Perjalanan

Penghematan waktu dapat dilakukan dengan MLFF atau e-toll nir sentuh. Kendaraan tak perlu berhenti untuk membayar tol sangat memudahkan pengendara.

Saat pelaksanaannya nanti, skema penerapannya, 50% gardu tol dalam satu gerbang tol diterapkan nir sentuh MLFF, dan 50% lagi menggunakan kartu e-toll.

Sudah selayaknya kita dukung transformasi teknologi e-toll nir sentuh atau MLFF yang rencana akan dilakukan uji coba pada akhir 2022. Tentu,masyarakat pengguna tol jika benar akhir tahun ini akan menyambut baik inovasi teknologi ini.
 
 

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

26 Partai Pemilu 2024 Sudah Terdaftar dalam Sipol

Selasa, 28 Juni 2022 | 06:08 WIB

Cak Imin dari Gembar-Gembor Capres Kini Cawapres

Senin, 27 Juni 2022 | 16:34 WIB
X