Gus Thuba Ternyata Cucu Gus Miek yang Diyakini Sebagai Wali, Ini Profilnya

- Senin, 23 Mei 2022 | 11:50 WIB
Gus Miek Menggunakan Peci dan Baju Jawa. (Santri.laduni.id)
Gus Miek Menggunakan Peci dan Baju Jawa. (Santri.laduni.id)

AYOINDONESIA.COM – Profil Gus Miek masih dicari publik usai Gus Thuba ramai menjadi perbincangan karena kelakuannya yang dinilai warganet tidak beradab ke Habib Abdul Qadir Bin Abdul Hadi Al-Hadir Banyuwangi.

Dalam video yang beredar, Gus Thuba terlihat membiarkan tangannya dicium oleh Habib Abdul Qadir dan juga menghisap rokok saat berbicara.

Hal tersebut disayangkan oleh warganet karena seorang Habib yang lebih tua dan juga alim mendapat perlakuan yang kurang pantas dari orang yang lebih muda.

Akibat kejadian itu, banyak yang menanyakan garis keturunan Gus Thuba, sampai-sampai Habib Abdul Qadir mau mencium tangannya.

Diketahui ternyata Gus Thuba adalah cucu dari Gus Miek yang diyakini sebagai Wali atau kekasih Allah karena memiliki banyak karomah atau kelebihan yang sulit dijangkau akal.

Baca Juga: Mengenal Gus Miek, Kakek Gus Thuba yang Memiliki Karomah Wali

Dilansir dari Republika.co.id, Gus Miek terlahir dalam keluarga pesantren di Ploso, Kediri, Jawa Timur, pada 17 Agustus 1940 dan wafat pada 5 Juni 1993 di Surabaya. Dia lahir dari pasangan KH Jazuli Usman dan Nyai Radliyah.

Ayahnya adalah salah satu santri Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari yang mendirikan Pondok pesantren Ploso Kediri, sedangkan ibunya memiliki jalur keturunan sampai kepada Nabi Muhammad sebagai keturunan ke-32 dari Imam Hasan, anak dari Ali bin Abi Thalib dengan Siti Fathimah.

Keunikan Gus Miek sudah tampak sejak kecil. Dia tidak suka banyak bicara, suka menyendiri, dan bila berjalan selalu menundukkan kepala. Kendati demikian, Gus Miek sering masuk ke pasar untuk melihat pedagang dan sering melihat orang mancing di sungai. Jika keluarganya berkumpul, Gus Miek selalu mengambil tempat paling jauh.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Ganja Medis Untuk Kesehatan

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:47 WIB

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:10 WIB
X