Link Surat Klarifikasi LTMPT soal Dugaan Kecurangan UTBK 2022 yang Viral

- Selasa, 21 Juni 2022 | 22:21 WIB
Link Surat Klarifikasi LTMPT soal Dugaan Kecurangan UTBK 2022 yang Viral (Ilustrasi/Ayobandung.com)
Link Surat Klarifikasi LTMPT soal Dugaan Kecurangan UTBK 2022 yang Viral (Ilustrasi/Ayobandung.com)

AYOINDONESIA- Secara resmi, pihak LTMPT telah mengeluarkan pernyataan resmi melalui surat edaran yang berisi klarifikasi soal dugaan kecurangan UTBK 2022 yang kemari sempat viral di Twitter.

Kasus kecurangan UTBK SBMPTN ini ditanggapi pihak penyelenggara melalui surat edaran dengan nomor LTMPT 08/SE.LTMPT/2022.

Beberapa waktu lalu, viral sejumlah foto-foto soal UTBK SBMPTN yang dikumpulkan dalam satu file drive. File foto-foto soal UTBK tersebut viral di Twitter dan membuat heboh jagad maya.

LTMPT mengeluarkan surat edaran yang berisi klarifikasi ini sebagai tindakan menghadapi kasus dugaan tindak kecurangan UTBK 2022.

Rilisan surat edaran yang berisi klarifikasi soal kecurangan UTBK ini keluar pada hari Senin, 20 Juni 2022 kemarin.

Baca Juga: Link Pengumuman SBMPTN 2022 di Laman LTMPT dan Link Mirror, Lengkap Cara Cek Hasil dan Cetak Sertifikat

Pernyataan resmi dari LTMPT ini timbul tak lama setelah banyak masyarakat mempertanyakan bagaimana tindakan LTMPT terhadap tindak kecurangan ini.

Dalam surat tersebut, terdapat tiga poin soal kecurangan UTBK 2022 ini.

1. Ditegaskan soal UTBK 2022 dibuat berbeda tiap sesi, hal ini berlaku pada gelombang 1 dan gelombang 2 yang berjumlah 28 sesi.

2. LTMPT memastikan bahwa upaya curang tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022.

Baca Juga: Selain Digeruduk Masyarakat, Yusuf Mansur Juga Ditanyai Soal Jalur Lain Masuk Daarul Qur’an Rp 60 Jutaan

3. LTMPT menegaskan bahwa peserta yang terbukti melakukan kecurangan pasti akan ditindak tegas.

Terkait kecurangan UTBK SBMPTN, masalah ini tengah diproses secara lebih lanjut dengan pengumpulan bukti dari berbagai sumber.

Selain itu, oknum-oknum yang terlibat pada kecurangan UTBK SBMPTN 2022 akan dituntut dan diberi sanksi sesuai dengan hukum positif yang ada di Indonesia.

Anda dapat membaca secara lengkap surat edaran LTMPT tentang klarifikasi kecurangan UTBK SBMPTN 2022 yang viral beberapa waktu lalu: klik di sini https://drive.google.com/file/d/1FhEwd-pXb1ceHNiNzR6bW7WIT_CQopIy/view

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Langkah Agar Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:29 WIB
X