Bertambah Satu Orang Jemaah Haji Indonesia Wafat, Diduga Karena Suhu Ekstrem

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:10 WIB
Bertambah Satu Orang Jemaah Haji Indonesia Wafat, Diduga Karena Suhu Ekstrem
Bertambah Satu Orang Jemaah Haji Indonesia Wafat, Diduga Karena Suhu Ekstrem

 

AYOINDONESIA – Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan data terbaru soal wafatnya jemaah haji Indonesia di Tanah Suci. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin melaporkan bahwa hari ini ada penambahan satu orang jemaah asal Indonesia yang wafat.

“Jemaah wafat bertambah satu orang atas nama Alfin Hartini Suneb. Perempuan berusia 59 tahun dengan nomor paspor C6399592,” sebut Akhmad dalam konferensi persnya, Jumat 24 Juni 2022.

Dia menyebut penambahan jemaah wafat itu, menjadikan total jemaah Indonesia yang wafat di Arab Saudi menjadi sebanyak 11 orang. Adapun dia juga membeberkan sebanyak 558 jemaah jatuh sakit, 383 orang dirawat jalan, 118 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dan 17 orang dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

Akhmad menyebut, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini dilaporkan rata-rata suhu tertinggi yaitu 45 derajat celcius. Hal ini diduga menjadi faktor banyaknya jemaah yang jatuh sakit hingga wafat.

Baca juga: BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 Cair Rp1 juta, Cek Penerima BLT Subsidi Gaji via WhatsApp

“Kami selalu mengimbau jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan. Jangan menunggu haus untuk minum, makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup dan tidak memaksakan untuk selalu sholat di Masjidil Haram. Tetap menggunakan masker,” tegas dia.

Selain informasi soal keadaan jemaah haji, Akhmad juga melaporkan soal jumlah jemaah haji Indonesia yang akan dan telah diberangkatkan. Pada hari ini, jemaah haji regular yang tiba di Jeddah sebanyak 3.970 orang, dengan total yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 61.070 orang.

Rencana keberangkatan jemaah haji gelombang kedua pada hari ini, akan diberangkatkan sebanyak 7 kelompok terbang dari 6 embarkasi, yaitu Batam, Jakarta, Lombok, Solo, Surabaya, dan Ujung Pandang dengan jumlah sebanyak 2.866 orang. 

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Ganja Medis Untuk Kesehatan

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:47 WIB

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:10 WIB
X