MUI Haramkan Vaksin Covovaxmirnaty dari India

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:10 WIB
MUI Haramkan Vaksin Covovaxmirnaty dari India. (Pixabay)
MUI Haramkan Vaksin Covovaxmirnaty dari India. (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait salah satu merk vaksin Covid-19 yang diproduksi perusahaan di India.

Perusahaan terkait adalah Serum Institute of India Pvt. Mereka mengeluarkan Vaksin Covovaxmirnaty. Menurut MUI vaksin tersebut haram.

Ketentuan tersebut sebagaiamana fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2022 tentang Hukum Vaksin Covid-19 dan ditantangani ketua umum, sekretaris jenderal, ketua komisi fatra, dan sekteratis komisi fatwa MUI.

MUI menjelaskan alasan diharamkannya penggunaan Vaksin Covovaxmirnaty. Vaksin tersebut disebut memanfaatkan enzim dari pankreas babi dalam tahapan produksinya.

Baca Juga: Kronologi Perseteruan Anak Sule Putri Delina dan Nathalie Holscher

Terdapat enam rekomendasi dalam fatwa yang dikeluarkan oleh MUI tersebut, seperti disadur dari PMJ News pada Jumat, 24 Juni 2022.

Pertama pemerintah diharuskan  memprioritaskan penggunaan vaksin Covid-19 yang halal semaksimal mungkin, khususnya untuk umat Islam.

Pemerintah perlu mengoptimalkan pengadaan vaksin Covid-19 yang tersertifikasi halal.

Pemerintah harus memastikan vaksin Covid-19 lain yang akan digunakan agar disertifikasi halal dalam kesempatan pertama guna mewujudkan komitmen pemerintah terhadap vaksinasi yang aman dan halal.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

26 Partai Pemilu 2024 Sudah Terdaftar dalam Sipol

Selasa, 28 Juni 2022 | 06:08 WIB

Cak Imin dari Gembar-Gembor Capres Kini Cawapres

Senin, 27 Juni 2022 | 16:34 WIB
X