Dua Hari Hilang di Los Angeles, Sahabat Sebut Marshanda dalam Keadaan Episode Mania

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:57 WIB
Dua Hari Hilang di Los Angeles, Sahabat Sebut Marshanda dalam Keadaan Episode Mania (Instagram/@sheilasalss)
Dua Hari Hilang di Los Angeles, Sahabat Sebut Marshanda dalam Keadaan Episode Mania (Instagram/@sheilasalss)
 
AYOINDONESIA.COM -- Artis Marshanda dilaporkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Dia dikabarkan telah hilang selama dua hari terakhir.
 
Kabar tersebut disampaikan oleh sahabat Marshanda, Sheila Salsabila melalui unggahan di Instagram Story pada Senin, 27 Juni 2022. Sheila mengungkapkan Marshanda yang mengidap bipolar sudah menghilang selama dua hari dan masih dalam pencarian.

"Telah hilang WNI untuk pertama kalinya di Los Angeles, California, AS. Dia berada dalam Manic Episode (Psychosis: Perubahan keadaan Pikiran-Bipolar Disorder)," tulis Sheila. 
 
Sebelumnya, artis Marshanda divonis menderita penyakit bipolar disorder. Bipolar disorder adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati mulai dari posisi terendah hingga ke tertinggi atau manic/mania.
 
Sheila Salsabila mengungkapkan keadaan Marshanda saat hilang sedang dalam keadaan manic episode atau mania, keadaan ini adalah periode yang ditandai dengan peningkatan mood dan merasa bergembira yang terjadi secara tak wajar. 
 
 
Episode mania juga ditandai dengan perilaku berlebihan, pikiran yang berkelebat, mudah terdistraksi, serta dapat disertai gejala psikosis (halusinasi dan delusi).  

Episode mania dapat berlangsung selama seminggu atau lebih. Episode ini terkadang diselingi dalam periode depresi yang menjadi lawan dari mania. Pada episode depresi, penderitanya mengalami lelah mental, sedih berlebihan, dan keputusasaan.

Marshanda bahkan mengungkapkan bagaimana gejala dari episode mania tersebut saat melakukan podcast bersama Ashanty di kanal Youtube Ngobrol Asix pada 2021 lalu.
 
"Susah banget untuk stabil. Jadi kalau orang bipolar itu fluktuasi yang high banget, over happy, sangat berenergi, over sensitif, banyak ide, terus omongnya jadi cepat. Itu kalau yang lagi tinggi, namanya mania," kata Marshanda dikutip dari kanal YouTube  Ngobrol Asix.
 
Keadaan tersebut lantas membuat khawatir sahabat dan orang-orang atas hilangnya Marshanda di Los Angeles.
 
 
Hingga saat ini, Sheila Salsabila melakukan berbagai upaya untuk menemukan Marshanda. Salah satunya ia meminta tolong Denny Sumargo melalui unggahan di Instagram.

"Seharusnya mingdep gue ngonten bareng @sheilasals sama @marshanda99 di LA. Tapi sekarang Caca ilang @sumargodenny help," tulisnya.

Selain itu, Sheila di unggahan tersebut juga menandai akun Deddy Corbuzier dan Presiden Joko Widodo, dengan harapan bisa menolong sahabatnya yang masih belum ditemukan.***

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Langkah Agar Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:29 WIB
X