Jokowi ke Putin: Saya Datang Bukan Hanya Sebagai Presiden RI, Tapi Pemimpin G20

- Jumat, 1 Juli 2022 | 15:49 WIB
Jokowi ke Putin: Saya Datang Bukan Hanya Sebagai Presiden RI, Tapi Pemimpin G20
Jokowi ke Putin: Saya Datang Bukan Hanya Sebagai Presiden RI, Tapi Pemimpin G20

AYOINDONESIA.COM – Pertemuan antara Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah selesai. Keduanya diketahui melakukan konferensi pers bersama di Istana Kremlin, Moscow, Rusia setelah melakukan pertemuan dan komunikasi secara bilateral.

 Namun, Kremlin membocorkan beberapa bahasan yang sempat diucapkan antar kedua pemimpin negara itu. Dalam pernyataan Kremlin, Jokowi ternyata datang ke Moscow bukan hanya sebagai Presiden Indonesia, melainkan juga pemimpin G20.

“Saya datang ke Moscow bukan hanya sebagai presiden Indonesia, melainkan juga sebagai pemimpin G20. Sebagai pemimpin G20, Indonesia akan terus berupaya untuk menyelesaikan situasi sulit saat ini,” ujar Jokowi kepada Putin, Jumat 1 Juli 2022.

Setelah itu, Jokowi langsung mengungkap misi pertamanya yaitu menyelesaikan krisis pangan sebagai dampak dari invasi Rusia ke Ukraina. Dia menegaskan kepada Putin bahwa perang tidak hanya berpengaruh pada Indonesia, namun juga komunitas internasional karena mengingat Rusia dan Ukraina merupakan salah satu lumbung terbesar pangan dunia.

Baca Juga: Nonton Jujutsu Kaisen 0 Sub Indo Oploverz Pakai Google Drive atau YTMP3?

Bahkan, Jokowi menyampaikan hasil rundingannya dengan pemimpin G7 sebelum bertolak ke Ukraina dan Rusia kepad Putin. Jokowi menyampaikan permintaannya tentang jaminan bahwa pangan dan pupuk Rusia tidak akan terkena sanksi.

Sebagai informasi, kedua pemimpin tersebut telah melakukan pertemuan pada Kamis (20/6) lalu. Sebelum mengunjungi Putin, Jokowi juga sempat ke Ukraina menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Lawatan Jokowi ke Eropa selain untuk membantu menangani permasalahan krisis pangan, juga sebagai misi perdamaian. Terlebih, Indonesia yang tahun ini memegang keketuaan G20 di tengah ancaman Barat dan netralitas Indonesia sebagai negara non-blok yang dipertaruhkan. 

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Langkah Agar Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:29 WIB
X