IDI Soroti Wabah Cacar Monyet yang Sudah Menyebar ke Indonesia, Simak Penyebab, Gelaja, dan Cara Mengobati

- Kamis, 28 Juli 2022 | 11:40 WIB
DI Soroti Wabah Cacar Monyet yang Sudah Menyebar Hingga ke Indonesia. (WHO)
DI Soroti Wabah Cacar Monyet yang Sudah Menyebar Hingga ke Indonesia. (WHO)

AYOINDONESIA.COM -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tengah menyoroti wabah cacar monyet yang setidaknya kini telah ditemukan 9 suspek di Indonesia.

Oleh sebab itu, IDI sangat mengimbau seluruh dokter di Indonesia untuk mewaspadai wabah cacar monyet pada pasiennya yang dicurigai memiliki gejala tersebut.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin sempat mengatakan bahwa ada 9 suspek cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. “Sudah ada suspeknya sekitar 9 tersebar di Indonesia. Tapi kita sudah tes di Jakarta semuanya hasilnya negatif,” ujar Budi, Selasa, 26 Juni 2022 kemarin.

Meskipun hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Kementerian Kesehatan RI, masyarakat Indonesia tetap diimbau agar tetap menanggapi wabah ini secara serius.

Sejauh ini negara di Asia Tenggara yang telah mengonfirmasi terjangkitnya cacar monyet adalah Thailand dan Singapura.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO bahkan telah menetapkan cacar monyet ini sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Di mana wabah ini dianggap sangat berbahaya dan memberikan keresahan tentunya untuk seluruh masyarakat dunia, sehingga diperlukan langkah pencegahan lintas negara.


Apakah penyebab terjadinya wabah cacar monyet?

Seperti namanya, cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox yang termasuk ke dalam golongan Orthopoxvirus yang awalnya ditularkan melalui hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X