5 Langkah Agar Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS 2022

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:29 WIB
Guru Honorer di Kabupaten Tasik Ancam Mogok Mengajar di Tahun Ajaran Baru  TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM - Sejumlah guru honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (FHGTK) Kabupaten Tasikmalaya memggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tasikmalaya, Kamis  30 Juni
Guru Honorer di Kabupaten Tasik Ancam Mogok Mengajar di Tahun Ajaran Baru TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM - Sejumlah guru honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (FHGTK) Kabupaten Tasikmalaya memggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tasikmalaya, Kamis 30 Juni
 
 AYOINDONESIACOM-- Ada 5 ketentuan bagi tenaga honorer untuk bisa diangkat menjadi ASN melalui seleksi PNS dan PPPK 2022 berdasarkan surat edaran (SE) MenPAN RB terbaru.

5 Ketentuan honorer diangkat jadi PNS dan PPPK 2022 ini dikeluarkan oleh MenPAN RB pada 22 Juli 2022.

Tentunya ketentuan tenaga honorer diangkat jadi ASN ini menjadi kabar baik dan melegakan bagi segenap tenaga honorer di Instansi Pemerintahan.
 

Keikutsertaan pegawai non ASN ini dalam seleksi tahun ini menjadi penting sebab mengingat tahun 2023 mendatang perekrutan honorer akan dihapuskan dalam sistem pengadaan tenaga kerja di Instansi Pemerintah.

Karena untuk kedepannya yang bekerja di Instansi Pemerintah hanyalah ASN yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kabar penghapusan tenaga non Aparatur Sipil Negara ini menjadi salah satu kabar yang banyak diperbincangkan, sebab mengingat akan dikemanakan mereka yang akan dihapus status kepegawaiannya sebagai non ASN di lingkungan Pemerintahan saat ini.

Melihat kondisi ini, pemerintah melalui MenPAN RB mengeluarkan kebijakan untuk mendata semua tenaga non ASN di seluruh Instansi Pemerintah baik itu di daerah maupun dipusat.

Hal itu tertuang dalam sebuah surat edaran yang dikeluarkan oleh MenPAN RB tertanggal 22 Juli 2022.
 
Baca Juga: Link Daftar CPNS dan PPPK 2022 Buka Situs SSCASN BKN untuk Daftar Seleksi ASN 2022

Adapun salah satu isi SE tersebut adalah kebijakan tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK dan diberikan kesempatan kepada tenaga non ASN ini untuk mengikuti seleksi PNS dan PPPK.

Apa saja ketentuan tenaga honorer untuk ikut seleksi PNS dan PPPK 2022 sesuai surat edaran (SE) MenPAN RB terbaru.

Berikut 5 ketentuan honorer diangkat menjadi ASN melalui seleksi PNS dan PPPK 2022 berdasarkan surat edaran (SE) MenPAN RB terbaru.

1. Bagi tenaga honorer kategori II (THK-2) atau pegawai Non-ASN  yang telah bekerja di instansi pemerintah dan terdaftar pada database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Bagi tenaga honorer yang sudah diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja.

3. Bagi tenaga honorer kategori II (THK-2) yang sudah mendapatkan honorarium dengan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dari APBN (untuk instansi Pusat) atau APBD (untuk instansi Daerah), bukan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa baik individu maupun kelompok.

4. Bagi tenaga honorer atau pegawai Non-ASN yang sudah bekerja minimal 1 (satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2021.

5. Bagi tenaga honorer atau pegawai Non-ASN dengan minimal berusia 20 (dua puluh ) tahun dan maksimal 56 (lima puluh enam) tahun pada 31 Desember 2021.

Jadi bagi mereka yang telah mengantongi ketentuan tersebut usai dilakukan pendataan oleh PPK, maka mereka bisa mengikuti seleksi PNS dan PPPK.

Hal itu merupakan bentuk tindak lanjut dari pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK yang mewajibkan status kepegawaian yang bekerja di lingkungan instansi pemerintah harus terdiri dari PNS dan PPPK.

Pada dasarnya Peraturan Pemerintah tersebut guna mendorong setiap instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah untuk dapat mewujudkan kejelasan status, karier dan kesejahteraan tenaga honorer atau pegawai Non ASN.

Berdasarkan PP Nomor 49 Tahun 2018 Pasal 99 ayat (2) yang menjelaskan bahwa pegawai Non ASN (tenaga honorer) yang telah bekerja dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) tahun maka dapat diangkat menjadi PPPK.

Jadi itulah 5 ketentuan bagi tenaga honorer untuk bisa diangkat menjadi ASN melalui seleksi PNS dan PPPK 2022 berdasarkan surat edaran (SE) MenPAN RB terbaru.***
 

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lee Min Ho Turut Berdoa Atas Tragedi di Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:55 WIB
X