Hasil Diskusi Kasus Pemerkosaan Anak di Bawah Umur, Pelaku Tetap Bisa Dipidana

- Selasa, 20 September 2022 | 13:45 WIB
KPAI, Hotman Paris, Kapolres Jakarta Utara, Kak Seto, berfoto bersama usai sesi konferensi pers. Agung Budiman (Ayoindonesia).
KPAI, Hotman Paris, Kapolres Jakarta Utara, Kak Seto, berfoto bersama usai sesi konferensi pers. Agung Budiman (Ayoindonesia).

AYOINDONESIA.COM -- Setelah berdiskusi dengan beberapa pihak yang terkait, Polres Jakarta Utara bersama KPAI dan Hotman Paris akan melanjutkan proses pengadilan terhadap pelaku pemerkosaan anak di bawah umur.

Hal tersebut disampaikan pada konferensi pers yang diadakan di kantor Polres Jakarta Utara, Selasa, 20 September 2022, sekitar pukul 11.45 WIB.

Menurut Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait, pelaku yang di bawah umur 12 tahun dititipkan dan akan mendapatkan pembinaan di Panti Handayani yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

Arist Merdeka Sirait menyampaikan pelaku tidak memungkinkan untuk dikembalikan kepada keluarga, karena alasan kondisi keluarga yang tidak baik.

Baca Juga: Spoiler Rangkuman Cerita Preman Pensiun 6 Episode 24 25 yang Tayang Tadi Malam di RCTI

Ia memberikan rekomendasinya dengan cara dikembalikan kepada negara dalam hal ini Kementerian Sosial dan beberapa pihak terkait untuk ditindak sesuai dengan peraturan yang ada.

"Yang jelas pendekatan penyelesaian lewat pendekatan diversi, penyelesaian di luar pengadilan tetapi kita (KPAI) merekomendasikan agar untuk dikenakan tindakan dikembalikan kepada negara," tutup Arist Merdeka Sirait dalam keterangannya.

Selanjutnya, perwakilan pihak Kepolisian Polres Jakarta Utara, Kombes Pol. Wibowo, mengatakan sudah ada kesepakatan untuk dilakukan pembinaan di Panti Handayani daerah Cipayung selama 6 bulan ke depan.

Wibowo menambahkan pelaku yang di bawah usia 12 tahun akan tetap ditempatkan di Panti Handayani, sementara untuk pelaku yang berusia 13 tahun bisa dilanjutkan ke proses pengadilan.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X