Pertamina Tepis Isu Penurunan Kualitas BBM Pertalite, Irto: Kualitas Pertalite Tidak Berubah!

- Kamis, 22 September 2022 | 13:53 WIB
Salah satu SPBU Pertamina di kawasan Tebet, Jakarta/Agung Budiman (ayoindonesia)
Salah satu SPBU Pertamina di kawasan Tebet, Jakarta/Agung Budiman (ayoindonesia)


AYOINDONESIA.COM – Ramai beredar di media sosial terkait keluhan pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi Pertalite, banyak pengendara roda dua dan empat yang mengeluh bensin Pertalite lebih cepat habis sejak kenaikan harga BBM.

PT Pertamina (Persero) memberikan tanggapannya terkait isu kualitas BBM Pertalite yang menurun sejak kenaikan harga di awal September lalu.

Corporate Secretary Pertamina, Patra Niaga Irto Ginting, menyampaikan kualitas BBM jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Dirjen Migas Nomor 0468.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu BBM jenis bensin 90.

Patra Niaga Irto Ginting menyatakan hasil uji Reid Vapour Pressure dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan.

Baca Juga: Melalui Instruksi Presiden, Indonesia Kebut Produksi Kendaraan Listrik

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari TBBM Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kilopascal (kPa),” katanya dalam keterangan tertulis.

Ia juga menambahkan Pertamina menjamin seluruh produk BBM disalurkan melalui lembaga penyalur resmi SPBU dan Pertashop sesuai dengan spesifikasi dan pengawasan yang ketat.

Pertamina menampik tidak akan menyalurkan produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan kepada masyarakat Indonesia.

Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X