Bandara Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umrah Jelang Akhir Tahun ini

- Jumat, 23 September 2022 | 14:10 WIB
BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka Hanya dijadikan lokasi foto pre-wedding (Instagram @infobijb)
BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka Hanya dijadikan lokasi foto pre-wedding (Instagram @infobijb)

AYOINDONESIA.COM- Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan melayani penerbangan umrah jelang akhir tahun ini.

Rencana tersebut dapat terealisasi setelah Bandara Kertajati ditetapkan sebagai pintu masuk (entry point) perjalanan luar negeri.

Penetapan Bandara Kertajati sebagai pintu masuk perjalanan luar negeri setelah Satgas Covid 19 mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 25 Tahun 2022, yang diperkuat dengan Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022 serta Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 202.

"Penerbangan umrah kali ini akan difasilitasi oleh maskapai Garuda dan Lion Air yang telah menyatakan kesiapannya melakukan penerbangan langsung dari Kertajati ke Jeddah," kata Vice President of Corporate Secretary PT BIJB, Dian Nurrahman melalui siaran pers yang diterima Ayo Indonesia, Jumat, 23 September 2022.

Total lima penerbangan (flight) yang direncanakan berlangsung dalam sepekan.

Baca Juga: Live Streaming Preman Pensiun 6 Episode 26 Tayang 23 September 2022. Didu Ambil Alih Parkiran dari Lord Yayat?

Dari kelimanya, Lion Air akan melakukan penerbangan empat kali setiap minggu, sedangkan Garuda satu penerbangan per minggu.

Untuk mengakselerasi persiapan penerbangan umrah, pihaknya telah menggelar Travel Gathering pada 4 Agustus 2022 yang dihadiri para agen travel umrah, maskapai, regulator, hingga operator bandara.

"Travel gathering itu membuahkan kesepakatan, semua pihak mendukung terlaksananya penerbangan umrah melalui Bandara Kertajati," klaim Dian.

Bahkan, sambungnya, komitmen itu tidak hanya datang dari para travel umrah di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan), melainkan pula dari Bandung.

Tak hanya itu, maskapai penerbangan internasional dari Malaysia, yakni Malaysia Airlines (MH), telah menyatakan kesediaannya melayani penerbangan internasional dengan rute Kuala Lumpur - Kertajati vice versa kepada operator Bandara Kertajati.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan PLN Resmi Batalkan Program Kompor Listrik

Rabu, 28 September 2022 | 09:35 WIB
X