Makna Gelar Dada Madopo Malopo yang Diberikan Kesultanan Ternate kepada Jokowi

- Rabu, 28 September 2022 | 11:29 WIB
Tangkapan layar kanal youtube Sekretariat Presiden. (Agung Budiman)
Tangkapan layar kanal youtube Sekretariat Presiden. (Agung Budiman)

AYOINDONESIA.COM – Setelah kemarin Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengunjungi Sulawesi Tenggara dan mendapat gelar dari Kesultanan Buton, hari ini Jokowi kembali dianugerahi gelar oleh Kesultanan Ternate.

Gelar Dada Madopo Malomo dianugerahkan kepada Jokowi oleh Kesultanan Ternate saat kunjungan kerjanya ke Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate, Rabu, 28 September 2022.

Sultan Ternate ke-49, Sultan Hidayatullah Sjah, mengatakan gelar Dada Madopo Malopo mempunyai arti pemimpin besar atau juga pemimpin negara besar.

“Dalam memimpin negara besar itu, kearifan dan kebijaksanaan seorang pemimpin lebih di kedepankan,” ucapnya dilansir situs Sekretariat Kabinet Negara Indonesia.

Baca Juga: David da Silva Sangat Antusias Hadapi Laga Klasik Persib vs Persija

Jokowi menyebut pemberian gelar kehormatan tersebut langsung diberi oleh Sultan Hidayatullah Sjah di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate.

“Pagi hari ini saya mendapatkan gelar dari Kesultanan Ternate dari Sultan Hidayatullah Sjah, dengan gelar Dada Madopo Malomo,” tuturnya.

Jokowi juga menghargai Kesultanan Ternate masih menjaga tradisi dan budaya leluhur hingga saat ini.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal. Inilah yang sering saya sampaikan berkepribadian dalam berkebudayaan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X