Dewan Pers Kecam Tindakan Peretasan Awak Media Narasi dan Minta Aparat Mengusut Tuntas

- Rabu, 28 September 2022 | 14:37 WIB
Dewan Pers. (istimewa)
Dewan Pers. (istimewa)

AYOINDONESIA.COMDewan Pers melayangkan seruan terkait tindakan peretasan yang dialami awak media Narasi sejak Sabtu, 24 September 2022.

Melansir dari keterangan Dewan Pers, pihaknya menerima laporan dari beberapa konstituen bahwa telah terjadi peretasan akun digital 24 awak redaksi Narasi.

Kejadian tersebut menjadi peretasan terbesar yang pernah dialami awak media nasional, dan merupakan perbuatan melawan hukum dan berakibat pada terganggunya kinerja jurnalistik serta kemerdekaan pers.

Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya, menyatakan sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk bisa menjaga kemerdekaan pers.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 52 Bola Bola Waktu

“Menjaga kemerdekaan pers adalah tanggung jawab semua pihak, dari masyarakat, pemerintah, dan aparat penegak hukum,” tulisnya dalam siaran pers.

Menurut Undang-Undang Nomor 40/1999 tentang Pers, pada pasal 2 dijelaskan, kemerdekaan pers sekaligus merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi keadilan dan supremasi hukum.

Padahal, kemerdekaan mengemukakan pendapat terjamin dalam pasal 28 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, untuk bisa menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis.

Baca Juga: Sinopsis Film Smile Tayang Hari Ini 28 September 2022, Misteri Senyuman yang Hantui Sang Psikolog

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X