Pencairan BSU Tahap 5, Cek Penerimanya pada Link Berikut

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 06:13 WIB
BSU Tahap 5 Kapan Cair? Cek Jadwal dan Daftar Penerima di Sini!
BSU Tahap 5 Kapan Cair? Cek Jadwal dan Daftar Penerima di Sini!



AYOINDONESIA.COM -- Pada Senin, 3 Oktober 2022 BSU telah memasuki Tahap 4 dan tersalurkan kepada 1.019 juta pekerja. Selanjutnya pencairan BSU Tahap 5 akan segera diproses oleh pemerintah.

BSU Tahap 5 hanya akan diberikan kepada pekerja atau buruh yang memenuhi syarat sebagai calon penerima BSU Tahap 5.

BSU Tahap 5 diperkirakan akan tersalurkan minggu depan, setelah proses pencairan BSU Tahap 4 selesai.

Penyaluran BSU ini telah tersalurkan kepada 8.168.987 pekerja dari tahap pertama hingga Tahap 4.

Baca Juga: Prakerja Gelombang 47 Kapan Dibuka? Catat Jadwal Pendaftarannya

Jika melihat dari persentase, penyaluran sudah dilakukan sekitar 55,8 persen dari target penyaluran yakni sebesar 16 juta pekerjan atau buruh sebagai penerima manfaat BSU.

Para pekerja atau buruh yang belum mendapatkan BSU dari Tahap 1 sampai dengan Tahap 4, dapat mengeceknya pada penerima BSU Tahap 5 ini.

Cara mengecek penerima BSU Tahap 5 ini dapat melalui dua laman.

Simak berikut cara mengecek penerima BSU Tahap 5 hingga akhir artikel.

1. Cara mengecek penerima BSU Tahap 5 melalui Kemnaker

Pekerja atau buruh bisa mengecek status penyaluran BSU melalui situs Kementerian Ketenagakerjaan di kemnaker.go.id.

Kunjungi situs https://kemnaker.go.id. Apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran, klik "Daftar" untuk membuat akun terlebih dahulu, lengkapi pendaftaran akun, lalu ktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel.

Selanjutnya login atau masuk kembali. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil dan data diri. Kemudian pekerja atau buruh dapat mengecek notifikasi tersebut secara berkala.

2. Cara mengecek penerima BSU Tahap 5 melalui BPJS Ketenagakerjaan

Pekerja atau buruh bisa mengecek laman penyaluran BSU melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah membuka laman tersebut, pilih "Cek Status Calon Penerima BSU". Lalu akan diminta memberikan beberapa data pribadi yang digunakan untuk memverifikasi.

Masukkan beberapa data diri, kemudian pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberi tahu Anda jika BSU siap dicairkan ke rekening Anda.

Apabila ingin mengetahui bahwa pekerja atau buruh sebagai penerima BSU Tahap 5, sebelumnya dapat dilihat juga apakah pekerja memenuhi syarat sebagai penerima manfaat atau tidak.

Baca Juga: Prakerja Gelombang 47 Kapan Dibuka? Catat Jadwal Pendaftarannya

Sebagai informasi, syarat penerima BSU Tahap 5 ini di antaranya adalah WNI, aktif program BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022, gaji yang diterima maksimal Rp3,5 juta atau sesuai UMP/UMK wilayah, tidak terdaftar sebagai PNS TNI dan Polri, serta belum menerima program bantuan seperti Kartu Prakerja, dan lain-lain.

Demikian informasi terkait cara mengecek penerima BSU Tahap 5. Bagi penerima manfaat BSU 2022 semoga dapat digunakan dengan bijak ditengah kenaikan harga BBM. (Cindra May Ningrum)

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X