Kabar Gembira untuk Guru Kategori Ini, Mendikbudristek Jamin Jadikan Kepala Sekolah?

- Senin, 21 November 2022 | 10:56 WIB
Ada kabar untuk guru kategori tertentu. Melalui laman resmi GTK Kemendikbud, disebutkan mereka punya kesempatan besar menjadi kepala sekolah. (sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id)
Ada kabar untuk guru kategori tertentu. Melalui laman resmi GTK Kemendikbud, disebutkan mereka punya kesempatan besar menjadi kepala sekolah. (sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id)

AYOINDONESIA.COM -- Ada kabar untuk guru kategori tertentu. Melalui laman resmi GTK Kemendikbud, disebutkan mereka punya kesempatan besar menjadi Kepala Sekolah.

Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), menyatakan guru yang masuk kategori itu ialah Guru Penggerak.

Sesuai dengan Peraturan Mendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Guru Penggerak memiliki kesempatan besar menjadi calon Kepala Sekolah dan pengawas sekolah.

Baca Juga: Bimtek Ditjen GTK Ditutup 5 Hari Lagi: Catat Link, Tanggal Pendaftaran, Kriteria Guru, hingga Pelaksanaan

"Kami butuh sekali bantuan agar Guru Penggerak ini tahun depan semua diangkat menjadi Kepala Sekolah dan pengawas,” ungkap Nadiem dalam Dialog Penggerak di Kota Padang, Sumatra Barat, kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat.

Mendikbudristek menjelaskan Guru Penggerak hendaknya diprioritaskan untuk menjadi Kepala Sekolah dan pengawas sekolah.

Pasalnya, Guru Penggerak ini dinilai mampu memberikan perubahan besar dalam dunia pendidikan.

"Kita berikan mereka posisi sebagai pemimpin supaya bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan," lanjut Nadiem.

Baca Juga: Wahai Guru Simak! Ditjen GTK Beri Penjelasan Penting Terkait Lima Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X