Nasib Tenaga Honorer Pasca Pendataan, DPR: Pemerintah Siapkan 3 Opsi Masa Depan Non ASN

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:37 WIB
3 Pilihan Masa Depan Non-ASN, Nasib Tenaga Honorer Pasca Pendataan
3 Pilihan Masa Depan Non-ASN, Nasib Tenaga Honorer Pasca Pendataan

AYOINDONESIA.COM -- Heboh pendataan non ASN beberapa waktu lalu, bukan berarti tenaga honorer langsung diangkat menjadi ASN.

Pendataan tersebut, merupakan langkah pemerintah untuk mengetahui jumlah ASN di lingkungan Instansi Pemerintah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pendataan non ASN adalah cara untuk memetakan dan mengetahui jumlah tenaga honorer di lingkungan pemerintahan dan bukan pemberkasan pengangkatan menjadi ASN atau PPPK.

Hal ini lantaran, tenaga honorer atau non ASN akan segera dihapus pada tahun 2023 mendatang, sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomor 49 tahun 2018 tentang PPPK dan surat edaran (SE) Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 perihal status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Sejalan dengan hal tersebut Komisi II DPR RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam rapat kerja atau raker membahas tenaga non ASN Menteri Anas menyampaikan 3 opsi terkait nasib tenaga honorer pasca pendataan pada Senin, 21 November 2022.

Berdasarkan hasil pendataan non ASN yang diumumkan pada 22 Oktober 2022 lalu jumlah tenaga honorer baik di instansi pemerintahan pusat dan daerah berjumlah 2.360.723 orang. Namun sayangnya jumlah tersebut belum mencapai jumlah riil di lapangan.

Pasalnya, hingga 31 Oktober 2022 masih terdapat 120 Instansi pemerintah yang tidak atau belum menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani oleh PPK di masing-masing instansi.

Baca Juga: Ternyata 131.193 Tenaga Honorer Dihapus dari Database Pendataan, Cek Apakah Anda Termasuk?

Maka dari itu pemerintah melalui Kemenpan RB mengatakan bahwa solusi alternatif yang ditawarkan berprinsip pada pengoptimalan pelayanan publik dan reformasi birokrasi menuju kelas dunia serta mengupayakan agar tenaga non ASN tidak kehilangan pekerjaannya.

Halaman:

Editor: Novia Tri

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB
X