Gempa 5.8 M Guncang Sukabumi! BMKG: Ini Gempa Benioff Beda dengan Gempa Cianjur

- Kamis, 8 Desember 2022 | 10:05 WIB
Gempa 5.8 M Guncang Sukabumi! BMKG: Ini Gempa Benioff Beda dengan Gempa Cianjur (bmkg.go.id)
Gempa 5.8 M Guncang Sukabumi! BMKG: Ini Gempa Benioff Beda dengan Gempa Cianjur (bmkg.go.id)

AYOINDONESIA.COM -- Gempa bumi kembali melanda tanah Jawa, tepatnya di Sukabumi Jawa barat pada Kamis, 8 Desember 2022.

Peringatan gempa bumi ini disampaikan oleh BMKG melalui laman resminya yaitu website, Twitter dan Instagram.

Gempa Sukabumi ini terjadi pukul 07.50 dengan kekuatan sebesar 5.8 magnitudo, pusat gempa berada di darat pada kedalaman 104 dibawah permukaan air laut.

Lokasi pusat gempa Sukabumi ini dirasakan tepatnya berjarak pada jarak 22 kilometer arah Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Waspada! Jember Digunjang 12 Kali Gempa Susulan Sejak Gempa 6.2 M Siang Tadi

“Rancaekek (IV MMI), Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, Sumedang, dan Cianjur (III MMI), Cisolok, Sumur, Sukabumi,Jakarta Selatan, Garut, Bekasi dan Tangerang Selatan (II MMI),” tulis BMKG melalui laman Instagram resminya mengenai daerah yang merasakan gempa Sukabumi.

BMKG juga menuliskan melalui akun Twitter resminya bahwa gempa Sukabumi tidak berpotensi untuk terjadinya tsunami namun masyarakat diminta waspada akan gempa susulan.

Kemudian baru saja, tepatnya pukul 08.05 WIB BMKG melaporkan kembali terjadinya gempa susulan di Sukabumi Jawa Barat dengan kekuatan sebesar 2.8 magnitudo, lokasi berada pada daratan dengan kedalaman 74 kilometer dibawah permukaan air laut

Informasi peringatan BMKG mengenai gempa Sukabumi ini juga disampaikan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun Twitter pribadinya.

Daryono menuliskan bahwa gempa Sukabumi ini merupakan gempa dalam lempeng Indo-Australia atau gempa benioff yang memiliki pergerakan (ground motion) lebih kuat dibanding gempa sekelas dari sumber lainnya.

Halaman:

Editor: Septina Ayu Handayani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB
X