Simak! Ini Dia 4 Tenaga Honorer Beserta Kriterianya Yang Bakal Langsung Diangkat Jadi CPNS, Kamu Termasuk?

- Jumat, 9 Desember 2022 | 14:32 WIB
Simak! Ini Dia 4 Tenaga Honorer Beserta Kriterianya Yang Bakal Langsung Diangkat Jadi CPNS, Kamu Termasuk? (Instagram/@korpri_indonesia)
Simak! Ini Dia 4 Tenaga Honorer Beserta Kriterianya Yang Bakal Langsung Diangkat Jadi CPNS, Kamu Termasuk? (Instagram/@korpri_indonesia)

AYOINDONESIA.COM -- Pelaksanaan P3K untuk tenaga honorer menjadi angin segar yang telah lama ditunggu. Salah satu yang telah mendapat kabar bahagia ini adalah guru honorer yang telah dipastikan akan diangkat menjadi P3K 2022 tahun ini.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim bahwa tenaga honorer yang telah lolos seleksi P3K akan resmi diangkat tahun ini. P3K 2022 ini rencananya akan mengangkat sebanyak 32 ribu guru honorer.

Baca Juga: Kabar Terbaru Pendaftaran CPNS 2023, Siap-siap Lulusan SMA dan S1 Bisa Lamar Formasi Ini

“Tahun lalu (2021) 300.000 guru honorer sudah diangkat menjadi ASN dan tahun ini (2022) 320.000 guru honorer akan diangkat menjadi P3K (guru),” ungkap Nadiem saat memberikan pidato pada HUT ke-77 PGRI dan HGN di Semarang, Jawa Tengah.

Selain pengangkatan guru honorer menjadi P3K 2022, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Badan Kepegawaian Negara telah mengumumkan bahwa terdapat 2 formasi tenaga honorer yang menjadi prioritas pemerintah saat ini.

Kedua formasi tenaga honorer tersebut adalah formasi guru dan tenaga kesehatan. Namun apakah hanya dua formasi itu saja yang diprioritaskan pengangkatannya menjadi ASN?

Selain kedua formasi tersebut menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil terdapat 2 formasi bidang lainnya, yaitu tenaga penyuluh di bidang pertanian, perikanan peternakan dan tenaga teknis lainnya yang sangat dibutuhkan pemerintah.

Syarat mendaftar CPNS

Walaupun keempat formasi tersebut menjadi prioritas pemerintah namun bukan berarti tenaga honorer akan langsung diangkat menjadi ASN ada tahapan-tahapan dan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi.

Baca Juga: Alur Seleksi CPNS 2023 Terbaru, Mulai dari Daftar Akun dan Pilih Formasi Guru Bagi Tenaga Honorer

Halaman:

Editor: Septina Ayu Handayani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB
X