Akhirnya! Sertifikasi Dipermudah Tanpa PPG, Begini Syarat Dapatkan Sertifikat Pendidik Bagi Lulusan Guru

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:25 WIB
Ini aturan baru terkairt sertifikasi guru dari kemendikbur, ini syaratnya (Instagram/@smknegeri1purwokerto)
Ini aturan baru terkairt sertifikasi guru dari kemendikbur, ini syaratnya (Instagram/@smknegeri1purwokerto)

 

AYOINDONESIA.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) telah menerbitkan aturan baru terkait sertifikasi guru.

Aturan baru tersebut, diperuntukkan bagi guru yang ingin mendapatkan sertifikasi pendidik yang tidak perlu lagi mengikuti program PPG.

Tentunya, ini menjadi informasi yang bagus bagi para guru. Hal ini dikarenakan peserta didik tidak perlu mengikuti program PPG dari pemerintah untuk untuk mendapatkan sertifikasi.

Adapun aturan terkait sertifikasi guru tersebut telah diterbitkan dalam Peraturan Menteri Kemendikbud Nomor 54 Tahun 2022.

Aturan ini, semakin dipermudah bagi guru yang untuk mendapatkan sertifikat pendidik karena tidak harus melakukan tes kompetensi dan praktek kerja lapangan.

Sebelum dikeluarkan peraturan tersebut, bagi guru harus mendapatkan sertifikat guru dengan menyelesaikan pelatihan terlebih dahulu berupa Pendidikan profesi.

Adapun Pendidikan profesi biasa disebut dengan PPG, yang mana merupakan program pemerintah untuk mahasiswa atau guru yang ingin meningkatkan kompetensi dan kualitas sebagai pendidik profesional.

Baca Juga: Kabar Baik! Guru Non Sertifikasi dan Mengabdi Lama akan Dapat Kemudahan Ikut Program Kemdikbud, Ini Syaratnya

Halaman:

Editor: Novia Tri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB
X