Kalahkan Prabowo dan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo Menang Survei Maju Pilpres 2024?

- Senin, 28 November 2022 | 10:20 WIB
Ganjar Pranowo maju pilpres 2024.
Ganjar Pranowo maju pilpres 2024.


AYOINDONESIA.COM -- Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo makin kencang disebut maju pilpres 2024.

Bahkan, Ganjar Pranowo digadang-gadang maju pilpres 2024 menggantikan posisi Presiden Joko Widodo.

Bak bukan isapan jempol belaka, Ganjar pranowo dirumorkan maju pilpres 2024 juga disertai data yang kuat.

Melalui survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang diwartakan Suara.com, Ganjar Pranowo diketahui menjadi salah satu kandidat terkuat di pilpres 2024.

Tak sendirian, nama orang nomor satu Jawa Tengah itu juga disusul oleh dua politikus Ganjar pranowo dan Anies Baswedan.

Ketiganya disebutkan menjadi kandidat dengan dukungan terkuat melalui survei SMRC.

"Bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, ada 3 nama yang mendapat dukungan paling signifikan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan."

"Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah," ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani saat mempresentasikan hasil surveinya bertajuk 'Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi' yang disiarkan melalui kanal Youtube SMRC TV, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga: Tanda Calon Pemimpin Ideal Ada Pada Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi Dukung Gubernur Jateng Maju Pilpres 2024?

Disampaikan Deni Irvani saat ini nama Ganjar Pranowo masih memimpin posisi pertama diantara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dikatakan Deni, Ganjar mendapatkan dukungan 26,7 persen, di posisi kedua diperebutkan Prabowo dengan nilai 18,8 persen dan Anies (17 persen).

Kendati demikian, ada beberapa nama lain yang jauh tertinggal di bawah 4 persen.  Selain itu, masih ada 13,1 persen yang belum menentukan pilihan.

Sebagai informasi, Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022.

Dalam populasi survei ini, seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1012 atau 83 persen.

***

Editor: Novia Tri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X