Banyak Atlet Cedera, Ini Kata PBSI

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:39 WIB
Kevin/ Gideon (Icheiko Ramadhanty)
Kevin/ Gideon (Icheiko Ramadhanty)

 
AYOINDONESIA - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyoroti banyaknya atlet yang mengalami cedera. Tercatat, beberapa pemain yang dilanda cedera yaitu Marcus Fernaldi Gideon, Yeremia Erich Yacob Rambitan, Shesar Hiren Rhustavito, dan Leo Rolly Carnando. 
 
Marcus diketahui masih menjalani pemulihan setelah operasi yang dilakukannya beberapa bulan lalu. Marcus mengalami cedera di bagian tumit kirinya. Hal ini yang juga menyebabkan pemain nomor satu dunia yang berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo itu tidak bisa maksimal di dua turnamen yang digelar di Indonesia pada Juni lalu. 
 
Lalu Yeremia juga diketahui mengalami cedera pada lutur kirinya. Dia mengalami cedera tersebut saat bertanding di babak perempatfinal Indonesia Open 2022 pada Jumat (17/6). 
 
Tunggal putra Shesar Hiren atau yang kerap disapa Vito juga mengalami hal yang sama. Menurut informasi terakhir, Vito kemungkinan mengalami cedera karena sobekan di otot betis kanan. Hal ini terjadi saat dia berlaga di babak perempatfinal Malaysia Open 2022. 
 
 
Terakhir, yaitu Leo yang mengalami cedera pada pinggangnya. Diakui Leo, dia mulai merasakan sakit pada pinggangnya saat sedang berlatih pada Kamis (23/6) lalu. 
 
Cedera-cedera yang dialami keempat pemain, membuat PBSI harus bertindak cepat. Hal ini karena banyaknya turnamen yang sudah normal dilaksanakan sesuai jadwal pasca-pandemi. 
 
"Nanti kami harus evaluasi dulu bersama pelatih dan tim medis. Yang pasti harus ada antisipasi dan penguatan-penguatan otot untuk menghindari terjadinya cedera-cedera lain di kemudian hari," tegas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resmi yang diterima Ayoindonesia, Senin 4 Juli 2022. 
 
"Apalagi turnamen sudah menuju normal. Sejak bulan Maret padat sekali,"pungkasnya. 
 
Lebih lanjut, Rionny juga mengonfirmasi penarikan Shesar Hiren Rhustavito dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dari ajang Malaysia Masters 2022.
 
"Vito setelah diperiksa lebih lanjut memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan di Malaysia Masters dan Singapore Open. Dia akan fokus pemulihan agar bisa berlaga di Kejuaraan Dunia nanti," ungkap Rionny.
 
"Untuk Leo sudah mulai berlatih tapi belum siap 100 persen untuk turun di sini. Leo/Daniel akan siap di Singapore Open pekan depan," tutur dia. 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X