Ranking BWF Apriyani Fadia dan Leo Daniel Melesat Usai Juara Singapore Open

- Selasa, 19 Juli 2022 | 18:57 WIB
Ilustrasi. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bersemangat menyongsong babak final Malaysia Open, Ahad (3/7/2022) besok. (Republika/Antara)
Ilustrasi. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bersemangat menyongsong babak final Malaysia Open, Ahad (3/7/2022) besok. (Republika/Antara)

AYOINDONESIA - Para pebulu tangkis Indonesia telah menyelesaikan tur Asia Tenggara tahun ini. Selain turnamen di negeri sendiri, wakil merah putih juga mengikuti ajang Malaysia Masters 2022, Malaysia Open 2022, serta Singapore Open 2022.

Hasilnya, tujuh gelar berhasil diraih wakil Tanah Air. Kemudian, masih ada lima runner-up. Ini hitungannya sejak turnamen di rumah sendiri hingga kompetisi di dua negara tetangga. Dalam keterangan pers, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) puas akan fakta tersebut.

"Saya berharap performa ini dipertahankan atau kalau bisa meningkat," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, Senin (18/7/2022).

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi sorotan. Kendati baru beberapa bulan ditandemkan, Apri/Fadia tampil impresif. Jika dihitung sejak turnamen di rumah sendiri hingga tur di dua negara tetangga, Apri/Fadia mengoleksi dua gelar juara, serta satu medali perak.

Baca juga: Link Nonton KKN Desa Penari Versi Uncut, Khusus 17 Tahun Ke Atas

Itu membuat ranking dunia BWF Apriyani/Fadia naik 20 strip ke urutan ke-42. Perhitungan ini setelah Singapore Open. Sementara di ranking BFF World Tour Finals 2022, pasangan tersebut menembus delapan besar.

Apri/Fadia mengantongi 39.640 poin setelah menjuarai Singapore Open 2022 pekan ini. Jika konsisten berada di kelompok tersebut, andalan baru merah putih itu bisa tampil di turnamen akhir tahun nanti.

Hanya pebulu tangkis yang berada di posisi delapan besar yang bisa mengikuti World Tour Finals. Perhitungan poinnya mengacu pada prestasi para pebulu tangkis profesional sepanjang tahun 2022.

Berikutnya, ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, turut mencuri perhatian publik. Pasangan ini berhasil menjuarai Singapore Open 2022. Sebelumnya mengalahkan rekan sesama Indonesia sejak semifinal hingga final. Hasil pada ajang tersebut, memengaruhi posisi Leo/Daniel di ranking dunia BWF. Leo/Daniel naik ke dua strip ke urutan 21.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X