Bung Kusnaeni: Cara Main Persib Mudah Terbaca, Robert Alberts Perlu Perkaya Strategi

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:12 WIB
Mohamad Kusnaeni
Mohamad Kusnaeni

BANDUNG, AYOINDONESIA.COM — Pengamat sepakbola Mohamad Kusnaeni alias Bung Kus mengkritik gaya permainan Persib di bawah kepemimpinan pelatih Robert Alberts.

Menurut Bung Kusnaeni, dalam tiga laga awal Persib, cara bermain Maung Bandung di lapangan hijau terlalu terbaca sehingga dengan mudah tim lawan pun dapat mengantisipasi strategi itu.

"Jadi, terlihat ketika bola ada di siapa, akan dioper ke siapa, sehingga tidak mempunyai opsi ketika lawan sudah bisa mengantisipasi strategi itu," kata Bung Kus ketika berbincang belum lama ini.

"Jadi sudah mentok dengan strategi yang sama. Ketika lawan sudah membaca, tidak ada perubahan yang signifikan sewaktu strateginya mentok," ungkapnya melanjutkan.

Selain minim strategi, menurutnya, pelatih berdarah Belanda itu juga tidak mampu memaksimalkan potensi pemain Persib secara utuh, terutama para pemain yang di bangku cadangan.

Komentator Liga 1 ini menyebut, kekurangan itu disebabkan Robert Alberts terlalu bergantung pada pemain kunci Persib.

"Pelatih harus bisa memaksimalkan semua pemain yang ada di dalam skuad. Jadi tidak boleh bergantung pada pemain utama karena kompetisi, kan, panjang. Peluang untuk terjadinya pemain cedera juga sangat besar besar," jelasnya.

Dia juga menilai eks pelatih PSM Makassar itu juga kurang mampu dalam mencari solusi ketika Persib menghadapi situasi sulit.

"Jadi, ada faktor pelatih yang perlu memperkaya dari segi permainan. Kalau 11 pemain utama Persib main, bisa dibandingkan dengan tim mana pun. Tapi, kan, pertandingan bukan hanya tentang 11 pemain, bahkan bukan hanya 18 pemain, karena yang harus didaftarkan itu ada 30 pemain," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X