Yamaha Mulai Gunakan 'Green Aluminium' untuk Bahan Baku Sepeda Motor, Komitmen Zero Karbon

- Senin, 6 Maret 2023 | 08:35 WIB
Yamaha Mulai Gunakan 'Green Aluminium' untuk Bahan Baku Sepeda Motor, Komitmen Zero Karbon. (global.yamaha-motor.com)
Yamaha Mulai Gunakan 'Green Aluminium' untuk Bahan Baku Sepeda Motor, Komitmen Zero Karbon. (global.yamaha-motor.com)

AYOINDONESIA.COM -- Inovasi terus berlanjut di dunia otomotif, kali ini Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan pemasok balok aluminium untuk memperoleh green aluminium atau aluminium ramah lingkungan.

Yamaha mulai menggunakannya sebagai bahan baku pada beberapa komponen sepeda motor Yamaha mulai bulan Februari 2023 lalu.

Hal ini merupakan peristiwa penting karena pertama kali aluminium ramah lingkungan digunakan pada sepeda motor Jepang. Yamaha berencana untuk secara bertahap meningkatkan penggunaannya pada model-model yang akan datang.

Apa itu aluminium ramah lingkungan? "Green aluminium" atau aluminium ramah lingkungan diproses menggunakan sumber energi terbarukan untuk mengurangi emisi CO2 pada saat pembuatannya.

Bisa jadi pada proses peleburan yang bebas karbon ataupun penggunaan sumber daya energi hijau dan terbarukan selama proses pembuatan aluminium.

Seperti yang kita tahu, komponen aluminium mencakup sekitar 12% hingga 31% dari total berat kendaraan pada sepeda motor.

Oleh karena itu, penggunaan aluminium ramah lingkungan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi emisi CO2 dari pembuatan bahan baku pada tahap siklus hidup produk (termasuk pada emisi kategori 1 Scope 3 untuk rantai pasokan).

Baca Juga: Imut Banget! Kapan Nih Wuling Bingo Masuk Pasar Indonesia?

Yamaha Motor telah mempromosikan penggunaan aluminium daur ulang selama beberapa tahun terakhir, dimana saat ini mencakup sekitar 80% dari total penggunaan aluminium perusahaan.

Namun, beberapa bagian pada sepeda motor Yamaha masih tidak dapat diproduksi dengan bahan daur ulang, dan itulah mengapa Yamaha Motor mulai menggunakan aluminium ramah lingkungan untuk bagian-bagian tersebut.

Sebagai langkah awal, Yamaha Motor akan menggunakan aluminium ramah lingkungan untuk beberapa bagian pada sepeda motor kompetisi dengan kapasitas mesin besar dan off-road.

Kemudian, mereka berencana untuk meningkatkan jumlah model yang menggunakan bahan ini di masa depan seiring dengan tersedianya pasokan.

Langkah ini merupakan bagian dari Rencana Lingkungan Yamaha Motor Group 2050, dimana perusahaan bertujuan untuk mencapai nol karbon di seluruh aktivitas bisnisnya - termasuk seluruh rantai pasokannya - pada tahun 2050.

Oleh karena itu, Yamaha Motor telah menetapkan target untuk beralih ke 100% bahan berkelanjutan pada tahun 2050.

Halaman:

Editor: Galuh Widoera Prakasa

Sumber: yamaha global

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X