Asik! Pemerintah Berikan Subsidi 7 Juta untuk Pembelian Motor Listrik per 20 Maret 2023

- Selasa, 7 Maret 2023 | 10:40 WIB
Asik! Pemerintah Berikan Subsidi 7 Juta untuk Pembelian Motor Listrik per 20 Maret 2023 (pixabay/viarami)
Asik! Pemerintah Berikan Subsidi 7 Juta untuk Pembelian Motor Listrik per 20 Maret 2023 (pixabay/viarami)

AYOINDONESIA.COM -- Pemerintah Indonesia baru saja mengumumkan kebijakan pemberian insentif atau subsidi untuk kendaraan listrik yang akan mulai diberlakukan pada 20 Maret 2023 mendatang.

Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong percepatan penjualan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu, menjelaskan bahwa pemerintah memberikan dua program insentif kendaraan listrik.

Pertama, pemberian subsidi sebesar Rp 7 juta per unit untuk 200 ribu unit motor listrik pada tahun 2023.

Motor listrik yang mendapatkan subsidi ini harus diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% atau lebih.

Lebih lanjut, Febrio Kacaribu mengungkapkan bahwa produsen motor listrik yang memenuhi kriteria ini tidak diperkenankan menaikkan harga jual selama masa pemberian subsidi dan harus berkomitmen memproduksi sepeda motor dalam jumlah yang telah ditentukan.

Kedua, insentif kendaraan listrik juga diberikan untuk motor konversi dari bahan bakar minyak (BBM) ke listrik. Besaran insentifnya sama yaitu Rp 7 juta per unit untuk 50.000 unit.

Dengan diberlakukannya kebijakan insentif kendaraan listrik ini, diharapkan dapat mempercepat penetrasi KBLBB di Indonesia.

Baca Juga: Harga 3 Jutaan! Huawei Nova 10 Lite Bawa Kamera 108MP dan Snapdragon 680

Sebagai konsumen, kita dapat mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik dengan insentif ini demi mendukung gerakan menuju energi bersih dan berkelanjutan.

Demikian informasi mengenai subsidi motor listrik yang diberikan pemerintah mulai 20 Maret 2023.***

 

Editor: Septina Ayu Handayani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X