Ramai Istilah Kei Car, Ini Arti dan Asal Mula Kemunculannya

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:15 WIB
Daihatsu Taft /Daihatsu Motor Co
Daihatsu Taft /Daihatsu Motor Co

AYOINDONESIA.COM - Istilah Kei Car belakangan ramai diperbincangkan masyarakat. Untuk tahu arti dan asal mula kemunculannya, simak artikel berikut.  

Pengertian Kei Car

Kei Car, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Keijidosha, adalah kategori kendaraan kecil di Jepang yang memiliki mesin berkapasitas di bawah 660 cc. Mobil mini ini sengaja dirancang sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Jepang untuk kendaraan yang sesuai dengan aturan pajak serta asuransi pemerintah Jepang.

Kei Car juga jadi jawaban atas kebutuhan masyarakat negara tersebut untuk tunggangan yang tidak memerlukan tempat parkir luas, sehingga pengurusan sertifikatnya lebih mudah.

Asal Mula Kemunculan Kei Car

Jika ditarik garis ke belakang, menuju masa lalu, mobil kategori ini pertama muncul pasca Perang Dunia II. Saat itu, kebanyakan masyarakat Jepang tak mampu membeli mobil berukuran normal, dan hanya mampu membeli sepeda motor saja.

Singkat cerita, pabrikan di Jepang kemudian memutar otak dan mulai memproduksi mobil dengan mesin berkapasitas kecil. Diawali dengan generasi awal di 300 cc, kemudian 550 cc, dan terakhir era 660 cc yang dimulai tahun 1990-an.

Pelaku pasar utama seperti Subaru, Honda, dan Daihatsu berlomba membuat mobil yang memiliki nilai fungsi serupa, namun dengan mesin yang lebih kecil dan bentuk yang praktis, sehingga menjangkau seluruh pasar Jepang saat itu.

Sudah Sampai ke Indonesia

Halaman:

Editor: Firda Puri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X