Good Bye Vios, Mulai Hari Ini Toyota Suntik Mati Vios Dari Indonesia

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 05:23 WIB
Sedan compact Toyota Vios kabarnya telah disuntik mati oleh pihak Toyota Indonesia (Carmudi)
Sedan compact Toyota Vios kabarnya telah disuntik mati oleh pihak Toyota Indonesia (Carmudi)

AYOINDONESIA.COM -- Produksi Toyota Vios di Indonesia memang cukup banyak setiap tahunnya.

Namun pada hari ini ada kabar kurang baik dari pihak Toyota Indonesia bagi para pevinta mobil sedan compact tersebut.

Pihak Toyota mengabarkan bahwa produksi Toyota Vios di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, dikabarkan telah berhenti.

Rumor ini menjadi perbandingan setelah video yang memperlihatkan perpisahan sejumlah karyawan pabrik beredar di media sosial resmi Toyota.

Bob Azzam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak membantah, dan juga enggan berkomentar lebih detail soal kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Ia hanya memastikan distribusi sedan lima penumpang itu masih terjaga.

Pada saat itu Vios bersaing dengan segmen mobil sedan lainnya seperti Honda City dan Suzuki Baleno. Vios juga hadir sebagai dalam varian sedan taksi yang diberi nama Toyota Limo.

Di era generasi pertamanya,  Vios menggendong mesin 1.496 cc 1NZ-FE yang mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Dua tahun kemudian, Vios mengalami penyegaran baru dengan adanya perubahan minor pada desain grillnya, lampu sein dan warna interior (ivory). Lalu pada tahun 2007, Toyota Vios meluncurkan generasinya yang kedua dengan desain eksterior yang menyerupai Toyota Yaris.

Mobil ini sudah dibekali dengan suspensi yang empuk dan cukup nyaman dibanding generasi sebelumnya. Tak hanya itu, generasi kedua Vios ini juga sudah dibekali dengan fitur safety tambahan seperti ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varian.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Honda CBR250RR Terbaru

Selasa, 20 September 2022 | 13:26 WIB

Honda Resmi Luncurkan All New CBR 250RR

Selasa, 20 September 2022 | 11:54 WIB
X