Syarat Dapat BLT Kuliah Rp2,4 Juta dan Kuota Gratis dari Kemendikbud

- Rabu, 15 September 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi dana BLT Sekolah Bansos PKH. Dalam waktu dekat Bansos PKH akan cair untuk keluarga prasejahtera.  (EmAji/pixabay)
Ilustrasi dana BLT Sekolah Bansos PKH. Dalam waktu dekat Bansos PKH akan cair untuk keluarga prasejahtera. (EmAji/pixabay)

AYOINDONESIACOM--Syarat dapat bantuan langsung tunai uang kuliah tunggal senilai Rp2,4 Juta dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) plus kuota internet gratis.

Pemerintah melalui Kemendikbud Rsitek akan memberikan subsidi uang kuliah tunggal atau BLT UKT sebesar Rp 2,4 juta untuk mahasiswa yang terdampak Covid-19 mulai bulan September 2021 ini.

Sasaran BLT UKT adalah mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) dan mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS). Anggaran yang disiapkan dari Kemdikbud Ristek untuk menunjang biaya UKT mahasiswa mencapai Rp2 triliun untuk sebanyak 419.605 mahasiswa.

Bantuan uang kuliah untuk mahasiswa ini akan diberikan sesuai besaran UKT atau at cost dengan batas maksimal Rp2,4 juta. Selisih UKT setelah mendapatkan subsidi menjadi kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Adapun subsidi uang kuliah tunggal atau BLT UKT ini hanya menyasar pada mahasiswa PTN maupun PTS yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

Syarat mahasiswa dapat BLT UKT:

Merupakan mahasiswa yang aktif kuliah.
Bukan sebagai penerima KIP Kuliah/ Bidikmisi
Kondisi keuangan memerlukan bantuan BLT UKT pada semester ganjil tahun 2021.
Bagi mahasiswa yang sudah memenuhi syarat di atas, maka bisa daftarkan diri sebagai calon penerima bantuan BLT UKT Mahasiswa. Berikut ini adalah cara dapat bantuan BLT UKT.


Cara dapat BLT Uang Kuliat Tunggal

  • Mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi masing-masing.
  • Kemudian pimpinan perguruan tinggi akan mengajukan mahasiswa yang bersangkutan sebagai penerima bantuan ke Kemendikbud Ristek.
  • Jika sudah disetujui, maka nantinya bantuan BLT UKT akan disalurkan Kemendikbud Ristek secara langsung ke perguruan tinggi masing-masing.
  • Selain subsidi uang kuliah atau BLT UKT Rp2,4 juta, mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud hingga 15 GB per bulan.
  • Pencairannya juga dilakukan pada bulan September 2021 ini. Untuk bisa mendapatkan kuota internet gratis dari Kemendikbud bulan September 2021 ini, setiap mahasiswa wajib memenuhi syarat ini

Syarat dapat bantuan kuota gratis Kemendikbud:

  • Terdaftar di PDDikti sebagai mahasiswa aktif ataupun sedang menuntaskan gelar ganda.
  • Memiliki nomor ponsel yang aktif.
  • Memiliki Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester berjalan.
  • Bantuan kuota internet gratis bagi guru, dosen, siswa, maupun mahasiswa ini disalurkan selama bulan September, Oktober, dan November 2021. Masing-masing periode akan disalurkan di setiap tanggal 11-15.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Sekolah di Jatim Paling Banyak Munculkan Kasus Covid-19

Jumat, 24 September 2021 | 13:23 WIB

Perancang RUU KUHP Prof Sahetapy Meninggal Dunia

Selasa, 21 September 2021 | 17:48 WIB
X