Daftar Pilihan Obat Asam Urat, Mau Pakai Obat Medis atau Obat Alami? Cek di Sini

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:18 WIB
Ilustrasi kaki tempat sering munculnya asam urat. (Andrea Piacquadio dari Pexels)
Ilustrasi kaki tempat sering munculnya asam urat. (Andrea Piacquadio dari Pexels)

Daftar Pilihan Obat Asam Urat, Mau Pakai medis atau Obat Alami? Cek di Sini

AYOINDONESIA.COM-- Obat asam urat dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh. Ada banyak obat asam urat yang bisa dikonsumsi, mulai dari yang alami hingga medis.

 Asam urat masuk ke dalam jenis radang sendi. Mereka yang memiliki asam urat akan merasakan nyeri dan bengkak di sendi yang parah secara tiba-tiba. Hampir setengah dari kasus asam urat terjadi jempol kaki. Sementara kasus lain terjadi jari, pergelangan tangan, lutut dan tumit.

Berikut daftar bahan alami dan medis yang bisa digunakan sebagai obat asam urat, dilaporkan Alodokter.com.

Obat Asam Urat Alami

Obat asam urat alami ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga menurunkan risiko terjadinya serangan.

1. Kopi

Manfaat kopi sebagai obat asam urat alami telah didukung oleh banyak penelitian. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Selain itu, kopi juga diduga dapat menghalangi kerja enzim yang menghasilkan asam urat, sehingga kadar asam urat darah menurun.

Baca Juga: Nonton Film KKN di Desa Penari 2022 (Uncut) Tersedia Kualitas HD dan BRRip

Meski demikian, pertimbangkan penggunaan kopi jika Anda juga memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini, misalnya tekanan darah tinggi atau aritmia.

2. Buah kaya antioksidan

Buah berwarna gelap seperti anggur, blackberry, blueberry, dan raspberry sangat membantu menjaga agar kadar asam urat tetap terkendali. Buah ceri juga dinilai efektif menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASLI Pengumuman Seleksi Administrasi STAN 2022

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:55 WIB

Begini Cara Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:14 WIB
X