Ketahui Ciri-ciri Psikopat, Salah Satunya Gaya Hidup Anti-Sosial

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:07 WIB
Ketahui Ciri-ciri Psikopat, Salah Satunya Gaya Hidup Anti-Sosial (Ilustrasi/Pixabay/HannahJoe7)
Ketahui Ciri-ciri Psikopat, Salah Satunya Gaya Hidup Anti-Sosial (Ilustrasi/Pixabay/HannahJoe7)

AYOINDONESIA.COM -- Empati adalah kemampuan kita untuk memahami apa yang dirasakan orang lain. Empatilah yang mendorong kita untuk menghibur teman kita yang bersedih, dan ikut bergembira ketika mereka bersenang.

Tapi, terdapat beberapa orang di dunia ini yang tidak memiliki empati. Mereka tidak bisa merasa kasihan, tidak bisa merasa takut, dan tidak merasa bersalah atas apapun yang mereka lakukan. Mereka adalah psikopat.

Apa sebenarnya yang membuat seseorang tergolong menjadi psikopat? Apa yang membuatnya bersifat begitu dingin? Dan apakah semua psikopat berbahaya?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita simak dalam artikel ini hingga akhir, dilansir dari kanal YouTube - Neuron.

Baca Juga: Apa Itu Bipolar? Seperti Inilah yang Dirasakan Penderitanya

Psikopat adalah istilah yang dengan enteng digunakan oleh media. Namun, justru masih diperdebatkan baik di kalangan medis maupun non medis.

Apabila kita mengacu kepada DSM, yaitu "American Psychiatric Association" untuk mendiagnosis gangguan kejiwaan, psikopati bahkan tidak tercatat.

Jadi dari segi psikologi klinis, psikopati bisa dikatakan tidak ada. Dan tidak ada yang pernah didiagnosis menyandang psikopati.

Istilah "psikopat" lebih diakui dalam dunia kriminologi dan forensik. Di mana istilah psikopat sering digunakan untuk menggambarkan suatu dimensi kepribadian.

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: YouTube - Neuron

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X