Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 51: Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 51. (Pexels)
Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 51. (Pexels)



AYOINDONESIA.COM -- Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK semester 1 halaman 51 tentang Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi.

Artikel ini dibuat guna membantu siswa SMA MA dan sederajat kelas 11 dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal pelajaran.

Pada pembahasan kali ini, siswa akan belajar mengenai “Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi” yang terdapat pada Bab 1 buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 kelas 11 SMA sederajat terbitan Kemendikbud.

Sebelum membaca kunci jawaban dalam artikel ini, sebaiknya siswa mengerjakan soal terlebih dahulu yang terdapat di bab 1 halaman 51 tentang Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi.

Siswa bisa meminta bantuan kepada kakak, ibu, ayah, atau anggota keluarga yang lain jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA Sederajat Semester 1 Halaman 51

(1) Apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?

Jawaban: Sebuah teks dikatakan termasuk jenis teks eksplanasi jika isi teks tersebut berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, atau budaya.

Baca Juga: Link Live Streaming Fulham vs Liverpool Malam Ini Pekan 1 Liga Inggris. Jangan Lewatkan!

(2) Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?

Jawaban: Ciri umum teks eksplanasi ialah strukturnya terdiri atas pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi (pernyataan tentang topik); memuat informasi berdasarkan fakta (faktual), kefaktualannya bersifat ilmiah.

(3) Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja?

Jawaban: Unsur pembentuk teks eksplanasi ialah pendahuluan dan perincian. Pendahuluan berisi pengenalan objek yang akan dijelaskan, misalnya penjelasan tentang keberadaan dan pengertian objek tersebut, sedangkan perincian berupa penjelasan tentang urutan peristiwa baik penyebab maupun akibatnya.

(4) Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

Jawaban: Hubungan kausalitas adalah hubungan sebab akibat, misalnya dengan penggunaan kata “menyebabkan”, “disebabkan”, “sehingga”, “jika”, dan lain-lain.

(5) Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Jawaban: Fungsi fakta dalam teks eksplanasi ialah menyampaikan kebenaran dari informasi yang terdapat dalam tulisan. Informasi-informasi yang disajikan kepada pembaca sesuai dengan kenyataan atau peristiwa yang terjadi bukan rekayasa (tiruan).

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi, dapat ditulis oleh siswa sesuai intruksi dari pertanyaannya masing-masing.

Demikian kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA sederajat semester 1 halaman 51 tentang Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi. Semoga dapat membantu dan menambah semangat belajar siswa. (Iit Lita Apriani)

Disclaimer

1) Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah. Ayoindonesia.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua tidak terpaku pada jawaban seperti di atas.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X