Pendaftaran PPPK Guru Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 07:01 WIB
SSCASN (Pinterest)
SSCASN (Pinterest)



AYOINDONESIA.COM -- Guru honorer telah menanti pembukaan pendaftaran PPPK guru yang dijadwalkan dibuka pada Oktober ini.

Saat ini rekrutmen CASN 2022 diprioritaskan untuk tenaga honorer termasuk guru, sehingga banyak guru honorer yang mempertanyakan bagaimana alur pendaftaran PPPK guru.

Aturan terkait pendaftaran PPPK guru pada rekrutmen CASN 2022, tahun ini tertuang dalam Keputusan Mendikbudristek Nomor 349/P/2022 yang ditandatangani pada 14 September 2022.

Merujuk pada aturan tersebut, pendaftaran PPPK guru pada rekrutmen CASN 2022 yakni dilakukan melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN dengan alamat website sscasn.bkn.go.id.

Pada laman website sscasn.bkn.go.id, siapa saja bisa mendaftarkan diri dengan syarat Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki keinginan dan telah memenuhi persyaratan sesuai aturan masing-masing instansi dengan batas usia yang dipersyaratkan telah terpenuhi.

Hingga sekarang pendaftaran PPPK guru masih belum dibuka dan harus menunggu jadwal resmi, akan tetapi guru honorer dapat mempersiapkan diri dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Baca Juga: Preview My Hero Academia Season 6 Episode 2 Tunjukan Pertarungan Antara Mirko dan Nomus

Adapun dokumen yang wajib dipersiapkan dalam pendaftaran PPPK guru antara lain:

  1. Scan KTP elektronik (e-KTP) asli atau surat keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
  2. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang merah berukuran maksimal 200kb.
  3. Scan ijazah asli paling rendah sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) sesuai dengan jabatan yang dilamar bagi lulusan dalam negeri atau Surat penyetaraan ijazah asli dari Kemendikbudristek bagi lulusan Perguruan Tinggi luar negeri jenjang S-1/D-IV.
  4. Scan transkrip nilai asli.
  5. Scan Sertifikat Pendidik (Serdik) asli bagi yang memiliki.
  6. Surat pernyataan diketik bermaterai Rp10.000 dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, dibuat saat tanggal pendaftaran.

Setelah mempersiapkan dokumen, para guru honorer juga harus mengetahui cara pendaftaran PPPK guru pada website resmi sscasn.bkn.go.id.

Berikut cara daftar PPPK guru pada website sscasn.bkn.go.id:

  1. Guru honorer wajib mempunyai alamat e-mail aktif untuk mengikuti proses seleksi PPPK.
  2. Guru honorer yang telah memiliki akun dapat melakukan pengkinian akun di laman SSCASN.
  3. Guru honorer yang belum mempunyai akun, wajib membuat akun menggunakan NIK di laman SSCASN, termasuk mengunggah KTP dan swafoto.
  4. Kemudian guru honorer yang telah memiliki akun melakukan pendaftaran sesuai tahapan portal SSCASN.

Baca Juga: SSCASN P3K Guru 2022 Daftar di Sini, Ini Jadwal dan Cara Pendaftarannya!

Sebagai informasi, guru honorer dapat memantau secara berkala jadwal resmi pendaftaran PPPK guru pada laman berikut ini https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.

Itulah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan bagi guru honorer, serta cara pendaftaran PPPK guru pada rekrutmen CASN 2022. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dalam seleksi PPPK guru. (Cindra May Ningrum)

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X